Surat Yasin Lengkap Ayat 1-83 Arab Latin dan Terjemahan

Selasa, 24 Agustus 2021 - 15:17 WIB
Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, maka pada pagi harinya ia diampuni. Foto/Ist
Surat Yasin lengkap ayat 1-83 Arab latin dan terjemahan sangat baik untuk dijadikan amalan setiap malam. Surat ini cukup familiar bagi muslim Indonesia karena sering dibaca di majelis taklim, acara tahlilan ataupun syukuran.

Surat Yasin disebut juga jantungnya Al-Qur'an. Surat ke-36 ini terdiri dari 83 ayat termasuk Surat Makkiyah (diturunkan di Makkah). Kandungan Surat Yasin meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah Ta'ala, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada.

Salah satu keutamaan Yasin disebutkan dalan Hadis berikut: Al-Hafizh Abu Ya’la berkata, Ishaq bin Abi Isra’il meriwayatkan kepada kami, Hajjaj bin Muhammad meriwayatkan kepada kami, dari Hisyam bin Ziyad, dari al-Hasan, ia berkata, 'Saya mendengar Abu Hurairah berkata, 'Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, maka pada pagi harinya ia diampuni. Dan siapa yang membaca Surat Ha Mim yang di dalamnya ada ad-Dukhan, maka pada pagi harinya ia diampuni". Imam Ibnu Katsir memberikan komentar: جيد إسناد [Sanad Jayyid] artinya baik.

Rasulullah SAW juga bersabda: "Bacakanlah Surat Yasin kepada orang yang sudah mati di antara kamu". (Diriwayatkan oleh Abu Daud, an-Nasa’i dalam al-Yaum wa alLailah, Ibnu Majah dari Abdullah bin al-Mubarak

Berikut Bacaan Surat Yasin Lengkap Ayat 1-83 Arab Latin dan Terjemahan:



بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Bismillaahirrahmaanirrahiim

يسٓ


Yā Sīn.

1. Yaa Siin

وَٱلْقُرْءَانِ ٱلْحَكِيمِ


wal-qur`ānil-ḥakīm.

2. Demi Al Quran yang penuh hikmah.

إِنَّكَ لَمِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ


innaka laminal-mursalīn.

3. Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul,

عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ


‘Alā ṣirāṭim mustaqīm.

4. (yang berada) diatas jalan yang lurus,
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Dua kalimat yang ringan diucapkan tetapi berat timbangannya, dan disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Pengasih yaitu, Subhanallah wa Bihamdihi Subhaanallaahil Azhim (Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

(HR. Muslim No. 4860)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More