Tadabur Surat Yusuf Ayat 3-4: Inilah Kisah Terbaik di Dalam Al-Qur'an

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:49 WIB
Idz qoola Yuusufu li abiihi yaaa abati innii ra aytu ahada 'ashara kawkabanw wash shamsa walqamara ra aytuhum lii saajidiin.

"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: 'Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." (QS Yusuf: 4)

Pesan dan Hikmah

1. Kisahpun dimulai dengan mimpinya Yusuf remaja yang melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, yang semuanya sujud kepadanya. Sebuah mimpi yang diketahui tafsirnya oleh ayahnya Nabi Ya’kub, sehingga dia berpesan kepada Yusuf agar jangan menceritakan kepada saudaranya yang lain.

2. Mimpi nabi itu suatu kebenaran. Mimpi baik orang beriman bisa mengandung kebenaran. Seperti dalam hadits, "Mimpi yang baik dari orang yang saleh adalah satu bagian dari 46 bagian kenabian."

3. Anjuran untuk tidak menceritakan mimpi ke sembarang orang.

4. Pentingnya mengajarkan adab yang baik kepada anak dalam hal memanggil orang tuanya. Seperti yang dicontohkan oleh Yusuf dengan memanggil ayahnya "Ya Abati", sebuah panggilan yang menunjukkan rasa hormat dan kagum serta betapa dekat dan berartinya kedudukan ayahnya bagi Yusuf.

5. Adab ketika mimpi buruk adalah jangan diceritakan kepada orang lain. Adapun mimpi baik boleh diceritakan kepada orang yang amanah dan atau ahli mimpi.

6. Orang jahatpun bisa mengalami mimpi, seperti Mimpi Fir'aun yang bermimpi mahkotanya di copot oleh anak kecil laki-laki. Juga mimpinya pemabuk khamer yang akhirnya taubat.

7. Selalu berbaik sangka dan memotivasi pada kebaikan dalam menafsirkan mimpi.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
وَلَا تَتَمَنَّوۡا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعۡضَكُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ‌ ؕ لِلرِّجَالِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبُوۡا ؕ‌ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبۡنَ‌ ؕ وَسۡئَـلُوا اللّٰهَ مِنۡ فَضۡلِهٖ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمًا
Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. An-Nisa Ayat 32)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More