Abu Dzar Al-Ghifari (5): Kepedihan Ali Bin Abu Thalib, Hasan, dan Husein

Minggu, 17 Oktober 2021 - 15:19 WIB
Selanjunya, Muawiyah kemudian mengirim istri dan anak-anak Abu Dzar ke Rabzah. Ketika istri Abu Dzar keluar dari rumahnya, dia hanya membawa sebuah tas. Muawiyah berkata kepada orang-orang, “Lihatlah barang-barang milik pengkhotbah tentang penghematan”.

Istri Abu Dzar menanggapinya dengan berkata, “ini hanya berisi beberapa koin, bukan dirham atau dinar dan sejenisnya, hanya untuk pengeluaran secukupnya.”

Selama di Rabzah, Abu Dzar berada dalam suatu kondisi yang sangat kesepian. Tidak ada manusia lain di tempat tersebut, kecuali beberapa musafir saja yang terkadang melintas. Di sana tidak ada tempat berlindung, yang ada hanya sebuah pohon di mana Abu Dzar tinggal di bawahnya.

Di sana juga tidak ada makanan, yang ada di sekitar hanyalah rumput beracun yang di kemudian hari menjadi penyebab meninggal diri dan istrinya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More