Rabiah Al-Adawiyah Pergi Haji Bermodalkan Seekor Keledai

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 12:02 WIB
Rabiah Al-Adawiyah pergi haji bermodal seekor keledai dan keledainya itu mati dalam perjalanan. (Foto/Ilustrasi : Ist)
Suatu ketika, Rabiah Al-Adawiyah berniat pergi haji. Ia berangkat bermodalkan seekor keledai dan sedikit barang-barang untuk kebutuhan hidupnya. Di dalam perjalannya, keledai yang menemaninya mati.

Lalu ia berjumpa dengan sekelompok orang yang menawarkannya bantuan. Akan tetapi tawaran itu ditolak sambil berkata bahwa ia tidak akan pernah bergantung kepada selain Allah.

Ia hanya percaya kepada bantuan Allah dan tidak kepada ciptaan-Nya. Kelompok tersebut akhirnya meninggalkan Rabi’ah sendiri di tengah gurun pasir.



Rabi’ah akhirnya menundukan kepala dan berdoa “Ya Allah, apalagi yang akan Kau lakukan dengan seorang perempuan asing dan lemah ini? Engkaulah yang memanggilku ke rumah-Mu, tetapi di tengah perjalanan ini Engkau malah mengambil keledaiku dan membiarkan aku seorang diri di tengah gurun pasir ini”.

Setelah memanjatkan doa, maka keledai yang sebelumnya mati seketika bangkit kembali. Dengan penuh rasa syukur akhirnya Rabi’ah menaikkan kembali semua barang bawaannya dan melanjutkan kembali perjalanannya.

(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Farwah bin Naufal Al Asyja'i dia berkata: Saya pernah bertanya kepada Aisyah tentang doa yang pernah diucapkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat memohon kepada Allah Azza wa Jalla, maka Aisyah menjawab, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa: ALLAHUMMA INNI A'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA 'AMILTU WA MIN SYARRI MAA LAM A'MAL (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatan yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan).

(HR. Muslim No. 4891)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More