Terbesar di Eropa, Ini 3 Ulama Berpengaruh di Rusia

Jum'at, 04 Maret 2022 - 20:00 WIB
Syekh Tajuddin pernah menimba ilmu di Al-Azhar Kairo pada tahun 1978. Pada tahun 1973 terpilih sebagai imam khatib kedua dari Masjid Märcani yang bersejarah di Kazan.

Pada 19 Juni 1980 diangkat sebagai Mufti dan ketua Direktorat Spiritual Muslim Bagian Eropa Uni Soviet dan Siberia (DUMES), salah satu dari empat direktorat di Uni Soviet saat itu. Pada Februari 2006, Syekh Tajuddin memprotes rencana parade kebanggaan gay di Moskow. Dia mendesak Muslim Rusia untuk melakukan aksi protes terhadap parade tersebut.

Selain tiga tokoh ulama di atas, masih banyak ulama lainnya yang berpengaruh di Rusia. Di antaranya, ulama kontemporer Valiulla Makhmutovich Yakupov (4 September 1963-19 Juli 2012). Beliau seorang ulama terkemuka di Tatarstan Rusia dan wakil kepala mufti provinsi Muslim.

Valiulla Makhmutovich Yakupov dikenal sebagai pengkritik keras organisasi Islam radikal. Kemudian ada sosok ulama bernama Syekh Damir Gizatulli, Wakil Ketua Mejelis Muslim Federasi Rusia.

Baca Juga: Temui Ulama Rusia, Menlu RI Gaungkan Islam yang Damai
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menegakkan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

(HR. Bukhari No. 36)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More