3 Doa Jibril yang Diaminkan Rasulullah, Nomor 1 Terkait Ramadhan

Selasa, 22 Maret 2022 - 23:19 WIB
Tiga doa Malaikat Jibril yang diaminkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, salah satunya terkait keutamaan bulan Ramadhan. Foto/dok SINDOnews
Sebuah Hadis shahih dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu mengemukakan tiga doa Malaikat Jibril yang diaminkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Salah satu dari tiga doa itu berkaitan dengan bulan Ramadhan.

Berikut keterangan Hadisnya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم رَقِيَ الْمِنْبَرَ، فَقَالَ: ” آمِينَ، آمِينَ، آمِينَ“، فَقِيلَ لَهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا كُنْتَ تَصْنَعُ هَذَا؟ ! فَقَالَ: ” قَالَ لِي جِبْرِيلُ: أَرْغَمَ اللَّهُ أَنْفَ عَبْدٍ أَوْ بَعُدَ دَخَلَ رَمَضَانَ فَلَمْ يُغْفَرْ لَهُ، فَقُلْتُ: آمِينَ.ثُمَّ قَالَ: رَغِمَ أَنْفُ عَبْدٍ أَوْ بَعُدَ أَدْرَكَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدَهُمَا لَمْ يُدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، فَقُلْتُ: آمِينَ .ثُمَّ قَالَ: رَغِمَ أَنْفُ عَبْدٍ أَوْ بَعُدَ، ذُكِرْتَ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيْكَ، فَقُلْتُ: آمِينَ “

Artinya: "Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) naik mimbar dan beliau bersabda, "Aamin, Aamin, Aamin." Ditanyakan kepada beliau, "Wahai Rasulullah, apa yang membuatmu mengatakan seperti itu?" Beliau bersabda: " Jibril berkata kepadaku, 'Semoga Allah menghinakan seorang hamba yang setelah memasuki Ramadhan, Allah belum mengampuni dirinya." Maka aku katakan, "Aamin." Kemudian Jibril berkata: "Terhinalah seorang hamba yang mendapati kedua orang tuanya masih hidup atau salah satu dari keduanya akan tetapi tidak dapat membuatnya masuk surga." Maka aku katakan, "Amin." Kemudian Jibriil berkata, "Terhinalah seorang hamba ketika namamu disebut di sisinya, ia tidak bersholawat kepadamu." Maka aku katakan, "Amin."

Hadis ini diriwayatkan pula oleh Imam Al-Bukhari, Al-Baihaqi dan Ath-Thabarani. Hadis ini mengajarkan betapa berharganya bulan Ramadhan sehingga umat muslim tidak boleh menyia-nyiakannya.



Baca Juga: 3 Bekal Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2022

Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad (wafat 1132 H) dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah menerangkan, perkataan Jibril "barangsiapa mendapati Ramadhan, namun dosanya tidak diampuni, semoga Allah menjauhinya". Hal itu disebabkan kemudahan sebab-sebab ampunan di bulan Ramadhan lebih banyak daripada di bulan-bulan lainnya.

Apa yang Harus Kita Lakukan?

Imam Abdullah Bin Alwi Al-Haddad memberi tips agar kita tidak termasuk orang yang dininakan Allah. Perbanyaklah melakukan amal kebajikan di bulan Ramadhan sesuai kemampuan. Sebab, Ramadhan memiliki keutamaan waktu dan pahala berlipat serta kemudahan mengamalkan berbagai kebaikan.

Mengenai pahala berlipat-lipat ini telah diriwayatkan bahwa amalan sunnah di bulan Ramadhan pahalanya sama dengan pahala amalan fardhu. Amalan fardhu di bulan Ramadhan sama dengan pahala 70 amalan fardhu di bulan lainnya.

Karena itu, kaum muslimin hendaknya mengambil keuntungan dari keberkahan bulan Ramadhan tersebut. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda (dari Allah Ta'ala): "Setiap amal anak Adam dibalas kebaikannya sepuluh kali lipat, kecuali puasa. Karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang membalasnya. Ia tinggalkan makanan dan minuman serta syahwatnya demi Aku." Semoga kita termasuk orang yang beruntung mendapatkan ampunan di bulan Ramadhan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
اِنۡ تُبۡدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ‌ۚ وَاِنۡ تُخۡفُوۡهَا وَ تُؤۡتُوۡهَا الۡفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيۡرٌ لَّكُمۡ‌ؕ وَيُكَفِّرُ عَنۡكُمۡ مِّنۡ سَيِّاٰتِكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡرٌ
Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah Ayat 271)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More