Kisah Tabiin Cerdas Iyas Bin Mu’awiyah Al-Muzanni

Jum'at, 26 Juni 2020 - 10:23 WIB
Selain zuhud, Iyas bin Mu’awiyah bin Qurrah al-Muzanni dikenal cerdas. Foto/Ilusttrasi/Ist
Iyas bin Mu’awiyah bin Qurrah al-Muzanni , lahir pada tahun 46 H di daerah Yamamah Najed. Kemudian beliau berpindah ke Bashrah beserta seluruh keluarganya. Menurut Dr Abdurrahman Ra'fat Basya dalam Mereka adalah Para Tabiin , di sanalah beliau tumbuh berkembang dan belajar. Beliau sering mondar-mandir ke Damaskus saat masih belia, tentunya untuk menimba ilmu dari sisa-sisa sahabat yang mulia dan tokoh-tokoh tabi’in yang agung. ( )

Tatkala Iyas masih muda, saat berada di Damaskus, beliau pernah bersengketa dengan salah seorang tua penduduk kota tersebut tentang suatu hak kepemilikan. Setelah putus asa menyelesaikan dengan satu argumen, maka masalah tersebut dibawa ke pengadilan.

Ketika keduanya telah berada di depan hakim, Iyas mengemukakan argumennya dengan suara lantang kepada rivalnya. Lalu di tegur oleh hakim, “Rendahkanlah suaramu wahai anak! Karena lawanmu adalah seorang yang besar baik secara usia maupun kedudukannya,” tegur Hakim.



“Akan tetapi kebenaran lebih besar dari dia,” Iyas berkilah.



“Diam!” kata Hakim dengan marah.

“Siapakah yang akan mengemukakan alasanku, jika aku diam?” balas Iyas.

“Aku tidak mendapatkan semua keteranganmu sejak masuk majelis ini selain kebathilan,” ujar Hakim.

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalahu, jujurlah, apakah kata-kataku haq ataukah batil?” balas Iyas lagi.

“Benar! Demi Rabb-ul Ka’bah. Benar!” kata Hakim kemudian.



Pemimpin Muda

Semangat Putra al-Muzanni ini semakin membara untuk memperdalam ilmu. Hingga akhirnya sampailah pada suatu titik menakjubkan yang dikehendaki Allah. Sehingga orang-orang tua pun menaruh hormat kepadanya, belajar darinya meskipun beliau masih sangat belia.



Pada suatu tahun, ketika Abdul Malik bin Marwan mengunjungi Bashrah sebelum menjadi Khalifah, dia melihat Iyas yang masih remaja dan belum tumbuh kumisnya berada paling depan sebagai pemimpin, sedangkan di belakangnya ada empat orang qurra’ (penghafal al-Qur’an) yang sudah berjenggot panjang dan memakai pakaian resmi berwarna hijau.

“Celaka benar orang-orang berjenggot ini, apakah di sini tidak ada lagi orang tua yang bisa memimpin, sampai anak sekecil ini dijadikan pemimpin mereka?” ujar Abdul Malik, lalu menoleh kepada Iyas dan bertanya, “Berapa usiamu wahai anak muda?”



“Usiaku sama dengan usia Usamah bin Zaid saat diangkat oleh Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasalam sebagai panglima pasukan yang di dalamnya ada Abu Bakar dan Umar wahai Amir –semoga Allah memanjangkan umur Anda.”

“Kemari, kemarilah wahai anak muda, semoga Allah memberkatimu,” sambut Abdul Malik kemudian.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
فَلَمَّا نَسُوۡا مَا ذُكِّرُوۡا بِهٖ فَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ اَبۡوَابَ كُلِّ شَىۡءٍ ؕ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوۡا بِمَاۤ اُوۡتُوۡۤا اَخَذۡنٰهُمۡ بَغۡتَةً فَاِذَا هُمۡ مُّبۡلِسُوۡنَ
Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

(QS. Al-An'am Ayat 44)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More