23 Tips Menjadi Suami Romantis Ala Rasulullah, Nomor 7 Paling Disukai Istri

Rabu, 17 Agustus 2022 - 06:30 WIB
13. Jalan-jalan di Malam Hari

Rasulullah SAW datang pada malam hari, kemudian beliau mengajak Aisyah berjalan-jalan dan berbincang-bincang. (HR Muslim)

14. Panggilan Khusus pada Istri

Di antara keelokan budi pekerti Rasulullah SAW dan keharmonisan rumah tangga beliau ialah memanggil istri-istrinya dengan panggilan sayang. Dan beliau sering mengabarkan kepada istri-istrinya berita yang menggembirakan, bahkan membuat jiwa serasa melayang-layang.

Beliau memanggil Aisyah dengan Humairah yang artinya kemerah-merahan pipinya. Terkadang beliau juga suka memanggil sebutan "Aisy/Aisyi", dalam buaya Arab pemenggalan huruf terakhir menunjukan panggilan manja/tanda sayang. Mungkin serupa dengan kata 'sayang' yang terkadang diucapkan 'Say'.

Aisyah radhiyallahu 'anha menuturkan: "Pada suatu hari Rasulullah SAW berkata kepadanya: "Wahai 'Aisy (panggilan kesayangan Aisyah), Malaikat Jibril 'alaihissalam tadi menyampaikan salam buatmu." (Muttafaq 'Alaih)

15. Memberi Sesuatu yang Menyenangkan Istri

Dari Said bin Yazid, bahwa ada seorang wanita datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian Nabi bertanya kepada Aisyah: "Wahai Aisyah, apakah engkau kenal dia?" Aisyah menjawab: "Tidak, wahai Nabi Allah." Lalu, Rasulullah bersabda: "Dia itu Qaynah dari Bani Fulan, apakah kamu mau ia bernyanyi untukmu?", maka kemudian bernyanyilah qaynah itu untuk Aisyah." (HR. An-Nasai)

16. Memperhatikan Perasaan Istri

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya ketika seorang suami memandang istrinya dan begitu pula dengan istrinya, maka Allah memandang mereka dengan penuh rahmat. Manakala suaminya merengkuh telapak tangan istrinya dengan mesra, berguguranlah dosa-dosa suami istri itu dari sela jemarinya." (HR Maisarah dari Abu Sa'id Alkhudzri)

17. Segera Menemui Istri Jika Tergoda

Dari Jabir, sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wanita, kalau menghadap, ia menghadap dalam rupa (godaan) setan. Bila seseorang di antara kamu melihat seorang wanita yang menarik, hendaklah ia datangi istrinya, karena pada diri istrinya ada hal yang sama dengan yang ada pada wanita itu." (HR at-Tirmidzi)

18. Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Sayyidah Aisyah pernah ditanya: "Apa yang dilakukan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di rumahnya?" Aisyah menjawab: "Beliau ikut membantu melaksanakan pekerjaan keluarganya." (HR Al-Bukhari)

19. Mendinginkan Kemarahan Istri dengan Kata-kata Mesra

Nabi shollallahu 'alaihi wasallam biasa memijit hidung Aisyah jika ia marah dan beliau berkata: "Wahai 'Aisy, bacalah do’a: 'Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan." (HR Ibnu Sunni)

20. Mandi Bersama Istri

Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: "Aku biasa mandi berdua bersama dari satu bejana." (HR Al-Bukhari)

21. Makan dan Minum Bergantian pada Tempat yang Sama

Dari Aisyah, dia berkata: "Saya biasa minum dari muk yang sama ketika haidh, lalu Nabi mengambil muk tersebut dan meletakkan mulutnya di tempat saya meletakkan mulut saya, lalu beliau minum. Kemudian saya mengambil muk, lalu saya menghirup isinya, kemudian beliau mengambilnya dari saya, lalu beliau meletakkan mulutnya pada tempat saya meletakkan mulut saya, lalu beliau pun menghirupnya." (HR Abdurrazaq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَاِذَاۤ اَنۡعَمۡنَا عَلَى الۡاِنۡسَانِ اَعۡرَضَ وَنَاٰ بِجَانِبِهٖ‌ۚ وَاِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ فَذُوۡ دُعَآءٍ عَرِيۡضٍ
Dan apabila Kami berikan nikmat kepada manusia, dia berpaling dan menjauhkan diri (dengan sombong); tetapi apabila ditimpa malapetaka maka dia banyak berdoa.

(QS. Fussilat Ayat 51)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More