Ini Ayat yang Dibaca Ibnu Muljam ketika Membunuh Ali bin Abi Thalib

Kamis, 08 September 2022 - 11:45 WIB
Pedang Beracun

Ibnu Muljan, al-Burak bin Abdillah at-Tamimi, dan Amr bin Bakr at-Tamimi bergerak melancarkan niatnya membunuh Ali, Mu’awiyyah, dan Amr bin Ash pada malam 17 Ramadhan 41 H. Hari yang sudah diputuskan oleh Ibnu Muljam.

Begitu waktu subuh tiba, sebagaimana biasa Amirul-Mu'minin Ali bin Thalib keluar dari rumahnya untuk melakukan sholat subuh dan membangunkan manusia. Saat itulah pedang Khawarij yang beracun menciderai Ali.

Mendapat serangan ini, Amirul-Mu'minin berteriak meminta tolong. Dan akhirnya Ibnu Muljam berhasil ditangkap hidup-hidup.

Ketika Khalifah Ali dipastikan wafat karena serangan Ibnu Muljam, maka diputuskanlah hukuman mati bagi Ibnu Muljam. Hukuman ini diawali dengan memotong kedua kaki dan tangannya dan menusuk dua matanya, kemudian dilanjutkan dengan membakar jasadnya.

(mhy)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Mu'adz bin Jabal bahwa Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam menggandeng tangannya dan berkata: Wahai Mu'adz, demi Allah, aku mencintaimu, aku wasiatkan kepadamu wahai Mu'adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan:  ALLAAHUMMA A'INNII 'ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI 'IBAADATIK (Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu (berdzikir kepada-Mu), dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu.)

(HR. Sunan Abu Dawud No. 1301)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More