3 Panglima Perang Mut'ah yang Syahid Hadapi Negara Adidaya Bizantium

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:52 WIB
Sebagai orang yang masih baru dalam Islam, Rasulullah khawatir 'Amr akan berselisih dengan Abu 'Ubaidah. Rasulullah pun berpesan kepada Abu 'Ubaidah agar tidak berselisih.

Apa yang diduga Rasulullah SAW benar adanya. Begitu Abu Ubaidah dan pasukan muslim yang dipimpinnya dari Madinah datang, Amr langsung menegaskan bahwa dirinya yang memimpin. "Engkau datang kemari sebagai pembantuku. Pimpinan tentara di tanganku," kata 'Amr kepada Abu 'Ubaidah.

Abu 'Ubaidah adalah orang yang sangat lemah-lembut, dan serba mudah dalam masalah-masalah duniawi. "Rasulullah sudah berpesan," katanya kepada 'Amr "Kita jangan berselisih. Kalau engkau tidak taat kepadaku, akulah yang taat kepadamu."

Akhirnya, Amr yang memimpin. Bahkan dalam sholat pun Amr yang menjadi imam.

Amr memimpin pasukan muslim bergerak maju. Pihak Bizantium yang bermaksud hendak menggempurnya telah diubrak-abrik. Kewibawaan Muslimin di wilayah itu pun telah dapat dipulihkan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id bahwa keduanya pernah menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidaklah ada suatu kaum duduk sambil berdzikir kepada Allah, kecuali para Malaikat akan mengelilingi mereka, dan akan diselubungi rahmat, akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), dan Allah akan menyebut-nyebut orang-orang yang ada disisi-Nya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3781)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More