Tradisi Unik di Mesir, Ramadan dengan Lampion

Rabu, 01 Juli 2015 - 10:49 WIB
Tradisi Unik di Mesir, Ramadan dengan Lampion
Tradisi Unik di Mesir, Ramadan dengan Lampion
A A A
Ada tradisi unik yang dipertahankan di Mesir selama Ramadan. Yakni, tradisi menyalakan lampion dan lampu warna-warni di berbagai tempat.

Setiap malam tiba, mal, hotel, kantor, dan fasilitas publik lainnya mulai terang benderang dengan aneka lampion berbagai ukuran dan bentuk. Rata-rata dihiasi dengan tulisan Arab.

Menurut salah satu pejabat di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding, Dr Nasif Kayed, tradisi itu sejatinya berasal dari tradisi Mesir kuno yang terus dipertahankan rakyat Mesir hingga sekarang.

“Riwayat menyatakan selama dinasti Fatimiyah, ketika Khalifah Al-Mu'izz li-Dinallah menyambut hari pertama Ramadan, orang-orang dan anak-anak Mesir pergi ke luar rumah untuk menyambutnya dengan memegang lentera,” kata Kayed, seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (30/6/2015).

”Sebelum itu, lentera hanya digunakan untuk berjalan-jalan di malam hari dan berjalan ke masjid. Tapi ketika khalifah datang, seluruh masyarakat pergi menyambutnya dengan lentera mereka. Sejak itu jadi tradisi untuk menyambut Ramadan yang indah dengan menyalakan lentara di mana-mana,” lanjut dia.

Tradisi ini pernah disebar luaskan media Mesir, Al-Ahram .”Pada satu titik, penguasa Fatimiyah mengeluarkan hukum yang mengharuskan toko dan pemilik rumah untuk membersihkan jalan-jalan di depan bangunan mereka dan menggantung lentera di pintu untuk sepanjang malam,” tulis media Mesir itu.

"Kemudian Khalifah al-Hakim (996-1021) memerintahkan wanita untuk tidak meninggalkan rumah mereka di malam hari jika tidak disertai dengan seorang anak yang membawa lentera. Dia juga memerintahkan lentera untuk digantung di pintu masuk dari lingkungan peternakan kuda, dan dikenakan sanksi pada mereka yang gagal melakukannya. Hal ini memicu "ledakan" bisnis lentera,” lanjut laporan media Mesir tersebut.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3193 seconds (0.1#10.140)