Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Kamis, 01 Juni 2023 - 09:29 WIB
loading...
A A A
Sebelum pernikahan, pengantin wanita di seluruh dunia Arab sering mengambil bagian dalam henna night – tapi ini bukan perayaan khas Najdi. Namun, sudah menjadi kebiasaan di Yordania, di mana Al-Saif dan calon saudara iparnya, Putri Iman, mengadakan perayaan malam pacar sebelum pernikahan mereka masing-masing.
Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Di Yordania, pesta henna melihat wanita dari kedua keluarga berkumpul untuk merayakan sementara keluarga pengantin wanita juga memberikan hadiah untuk pengantin wanita pernikahannya.

Hiburan dalam resepsi pernikahan antara lain zaffeh, zaghrouta, dan nukout.



Zaffeh, bagian tradisional dari perayaan pernikahan di Levant, adalah prosesi musik dan tarian yang berlangsung selama sekitar 30 menit.

Musik tradisional dan ceria yang dibawakan rombongan menampilkan lirik yang memuji pernikahan baru. Genderang (darbuka), terompet, bagpipe, dan terkadang pria yang membawa pedang juga ditampilkan dalam prosesi tradisional.

Andalan lain dari pernikahan Yordania adalah dabke - tarian rakyat yang dibawakan oleh para profesional, sebelum para tamu akhirnya ikut bersenang-senang.

Tarian yang menampilkan hentakan kaki yang kuat dan sinkron ini memiliki variasi yang berbeda-beda. Yang paling populer, para penari akan dipimpin oleh seorang lawweeh (goyah), seorang improvisasi karismatik yang mengontrol tempo dan energi baris.

“Zaffeh Yordania kami unik. Lagu, dabke, dan tariannya adalah satu-satunya,” kata Iyad Albelbeisi, pendiri perusahaan perencanaan Yordania, Feelings Weddings, kepada Arab News.

“Tradisi ini juga umum dalam upacara kerajaan,” tambah Albelbeisi.

Sepanjang pernikahan, wanita melakukan zaghrouta, seruan bernada tinggi dengan lidah mereka yang biasa dilakukan di pesta pernikahan di seluruh wilayah. Praktik tradisional lainnya di pernikahan Yordania adalah nukout — uang yang diberikan kepada pengantin baru untuk membantu kehidupan baru mereka bersama.
Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Dalam hal makanan, tidak diragukan lagi bahwa hidangan nasional Yordania, mansaf — yang terdiri dari potongan besar daging, saus yogurt, dan nasi — adalah makanan pokok pernikahan.

Pada pernikahan kerajaan, seperti upacara Putri Iman di bulan Maret, serta perayaan di kalangan masyarakat umum, kue pengantin bertingkat sering dipotong dengan pedang besar yang diwariskan kepada pengantin pria dari keluarganya.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)