12 Perkara yang Membatalkan Sholat dalam Kitab Sulam Al-Munajat

Rabu, 07 Juni 2023 - 23:41 WIB
loading...
12 Perkara yang Membatalkan Sholat dalam Kitab Sulam Al-Munajat
Perkara-perkara yang membatalkan sholat wajib dipelajari setiap muslim agar ibadah sholat tidak menjadi sia-sia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Perkara yang membatalkan sholat wajib diketahui setiap muslim. Hal ini penting dipelajari agar sholat kita benar-benar diterima di sisi Allah.

Dalam Hadis disebutkan, sholat merupakan amal ibadah yang pertama yang kali dihisab oleh Allah pada hari Kiamat. Jika sholatnya baik maka baiklah seluruh amalannya. Apabila sholatnya buruk maka buruk pula amalan lainnya.

Berikut 12 perkara yang membatalkan sholat dijelaskan dalam Kitab Sulam Al-Munajat karya Syaikh Nawawi Al-Bantani.

1. Hilangnya Salah Satu dari 12 Syarat Sholat
Hilangnya salah satu dari 12 syarat shalat, baik sengaja meskipun dipaksa, lupa atau tidak tahu. Sebab masalah ini termasuk Khithab Wad'i, yaitu firman Allah yang berkaitan dengan menjadikan sesuatu sebagai sebab atau syarat atau penghalang atau sah atau tidak sah.

2. Hilangnya Salah Satu dari 19 Rukun Sholat
Hilangnya salah satu dari 19 rukun shalat dengan sengaja. Sebab apabila salah satu rukunnya tidak ada, maka tidak disebut shalat. Bila lupa, maka harus segera dilakukan bila ingat. Bila tidak dilakukan, maka harus memulai shalat dari muka.

Sesuatu yang dilakukan setelah rukun yang dilupakan tidak diperhitungkan karena terjadi di selain tempatnya, kecuali setelah rukun yang dilupakan itu. Bila rukun tersebut dia lakukan, maka dia meneruskan sholatnya. Bila dia yakin bahwa dia belum melakukan satu sujud dari rakaat terakhir, pada akhir shalatnya atau setelah salamnya dan sebelum terkena najis yang tidak ma'fu dan belum lama, maka dia harus melakukan sujud itu dan mengulangi tasyahhudnya. Bila sujud yang dilupakan dari selain rakaat terakhir, maka dia harus melakukan satu rakaat.

3. Menambahkan Rukun Fi'liyah
Perkara yang membatalkan sholat selanjutnya yaitu menambahkan rukun fi'liyah. Misalnya menambahkan Ruku' atau sujud, meskipun tanpa thumakninah atau menambahkan rakaat. Atau mendatangkan niat atau takbiratul ihram di tengah-tengah shalat atau melakukan salam pada selain tempatnya, padahal dia tahu kalau hal itu dilarang. Hal tersebut membatalkan shalat bagi orang yang sengaja karena dia dianggap bermain-main.

Sedangkan orang yang lupa dan orang yang tidak tahu larangan karena baru saja masuk Islam atau dia hidup di hutan yang jauh dari ulama, shalatnya tidak batal. Demikian juga apabila makmum menambah rukun karena mengikuti imamnya.

Apabila menambahkan rukun dilakukan karena lupa atau seseorang menambahkan selain rukun tersebut yakni rukun fi'li selain takbiratul ihram baik dengan sengaja atau lupa, maka shalatnya tidak batal menurut pendapat yang ashah.

Contohnya mengulangi Surat Al-Fatihah dan mengulangi Tasyahhud tanpa alasan. Namun dia sunnah melakukan sujud sahwi jika melakukan sesuatu yang bila disengaja membatalkan shalat.

4. Melakukan Gerakan Sekali Dengan Keras Atau 3 Kali Berturut
Melakukan gerakan sekali namun keras misalnya satu lompatan keras dan satu pukulan keras. Atau gerakannya tidak keras, namun bertujuan main-main. Misalnya lompatan yang tidak keras dan tepuk tangan, meskipun tidak dengan memukulkan dua telapak tangan.

Atau melakukan gerakan tiga kali yang berturut-turut meskipun dengan beberapa anggota badan apabila mandiri, baik sengaja, lupa atau karena tidak tahu namun tidak dimaafkan. Hal tersebut membatalkan, sebab memutuskan urutan shalat dan memberi kesan berpaling dari shalat.

5. Makan Atau Minum Meskipun Sedikit
Perkara kelima yang membatalkan sholat adalah makan sedikit atau minum sedikit dengan sengaja meski dipaksa. Baik dengan mengunyah atau tanpa mengunyah, meskipun biasanya benda itu tidak dimakan, misalnya debu.

Contohnya minum sedikit adalah cairan gula dan ludah yang bercampur dengan lainnya. Apabila seseorang makan minum karena lupa bahwa dia sedang shalat atau tidak tahu haramnya makan minum dan dia baru saja masuk Islam atau hidup jauh dari ulama, maka sholatnya tidak batal karena makanan minuman yang sedikit menurut adat. Dan batal shalatnya bila makanan minuman itu banyak, sebab makanan minuman yang banyak memutuskan urutan shalat, meskipun tidak membatalkan puasa bila lupa.

Perbedaan antara shalat dan puasa adalah gaya shalat itu dapat mengingatkan orang yang lupa, sedangkan puasa tidak demikian. Di samping itu, shalat mempunyai beberapa perbuatan yang tertata, sedangkan perbuatan yang banyak memutuskannya. Lain halnya puasa, di mana perbuatan banyak tidak berpengaruh terhadapnya.

6. Melakukan Sesuatu yang Membatalkan Orang Puasa Selain Makan Minum
Perkara berikutnya adalah melakukan sesuatu yang membatalkan orang puasa selain makan minum. Yakni ada benda masuk ke dalam rongganya, misalnya dia memasukkan kayu ke dalam lobang telinga.

7. Memutuskan Niat
Perkara berikutnya memutuskan niat. Misalnya berniat keluar dari shalat, baik seketika atau setelah satu rakaat misalnya. Lain halnya berniat melakukan hal yang membatalkan shalat, maka shalat tidak batal, kecuali bila dilakukan. Orang puasa bila berniat keluar dari puasanya, puasanya tidak batal menurut pendapat yang rajih.

Demikian juga orang yang berwudhu, bila dia berniat keluar dari wudhunya, maka wudhunya tidak batal. Namun sisanya membutuhkan niat. Perbedaannya adalah shalat itu lebih sempit, maka lebih terpengaruh oleh perbedaan niat.

8. Menggantungkan Batalnya Sholat dengan Sesuatu yang Terjadi
Menggantungkan batalnya shalat dengan sesuatu yang terjadi di dalamnya atau mungkin terjadi dan tidak terjadi di dalam shalat. Misalnya berniat bila Zaid datang, maka aku membatalkan shalat atau niat sejenisnya. Maka shalat batal seketika.

9. Bimbang Apakah Akan Membatalkan Sholat atau Tidak
Perkara berikutnya, bimbang apakah akan membatalkan shalat atau tidak. Misalnya saat shalat tiba-tiba ada keperluan, lalu bimbang apakah akan menghentikan shalat atau meneruskannya. Maka shalat batal seketika. Yang dimaksudkan bimbang adalah ragu-ragu yang berlawanan dengan keyakinan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)