Keutamaan Sholat Berjamaah, Dapat Pahala Berlipat Hingga Dinaungi di Hari Kiamat

Kamis, 20 Juli 2023 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda:

صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة

Artinya: "Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding sholat sendirian." (HR Muslim)

5. Amal yang Paling Utama dan Dicintai Allah
Dari Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW bersdaba:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ لِوَقْتِهَا ». قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَىٌّ قَالَ « بِرُّ الْوَالِدَيْنِ ». قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَىٌّ قَال: الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ

"Abdullah bin Mas'ud berkata, "Aku pernah bertanya pada Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam, amalan apakah yang paling afdhol (utama)?" Jawab beliau, "Sholat pada waktunya." Lalu aku bertanya lagi, "Terus apa?" "Berbakti pada orang tua," jawab Nabi shollallahu 'alaihi wasallam. "Lalu apa lagi," aku bertanya kembali. "Jihad di jalan Allah," jawab beliau." (HR Al-Bukhari 7534 dan Muslim 85)

6. Amalan Pencuci Dosa
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا

Artinya: "Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?" Para sahabat menjawab, "Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya." Beliau berkata, "Maka begitulah perumpamaan sholat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa." (HR Al-Bukhari 528 dan Muslim 667)

7. Semakin Jauh Perjalanannya Semakin Besar Pula Pahalanya

إِنَّ أَعْظَمَ النَّاسِ أَجْرًا فِي الصَّلَاةِ أَبْعَدُهُمْ إِلَيْهَا مَمْشًى فَأَبْعَدُهُمْ وَالَّذِي يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْإِمَامِ أَعْظَمُ أَجْرًا مِنْ الَّذِي يُصَلِّيهَا ثُمَّ يَنَامُ

Artinya: "Manusia paling besar pahalanya dalam sholat adalah yang paling jauh perjalannya, lalu yang selanjutnya. Dan seseorang yang menunggu sholat hingga melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya daripada yang melakukannya (sendirian) kemudian tidur." (HR Muslim)

8. Seperti Melaksanakan Qiyamullail Sepanjang Malam

من صلَّى العشاء في جماعة فكأنما قام نصف الليل ، ومَن صلّى الصبح في جماعة فكأنما قام الليل كله

"Barangsiapa shalat Isya secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan Qiyamullail separuh malam. Barangsiapa sholat Subuh berjamaah maka seakan-akan dia shalat qiyamullail sepanjang malam." (HR Muslim)

9. Dipelihara dari Gangguan Setan
Keutamaan lain dari sholat berjamaah disampaikan Rasulullah SAW dalam Hadis berikut:

مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ لَا تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ

Artinya: "Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan shalat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (sholat) berjamaah, karena sesungguhnya serigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya)." (HR Abu Daud dan An-Nasai)

10. Satu dari 7 Golongan yang Dinaungi Allah di Hari Kiamat
Orang yang senantiasa sholat berjamaah akan mendapat naungan Allah pada Hari Kiamat sebagai sabda Rasulullah SAW berikut: "Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah di bawah naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) Pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Rabb-nya, (3) Seseorang yang hatinya bergantung di masjid-masjid, (4) Dua orang yang saling mencintai karena Allah berkumpul dan berpisah karena-Nya, (5) Seseorang yang dinginkan (berzina) oleh wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, maka ia mengatakan, 'Sesungguhnya aku takut kepada Allah', (6) Seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dinafkahkan oleh tangan kanannya, dan (7) Seseorang yang mengingat Allah dalam keadaan sepi (sendiri) lalu kedua matanya berlinang." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

11. Dihapus Kesalahan dan Diangkat Derajatnya
Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan meninggikan derajat mereka yang sholat berjamaah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut: "Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang perkara yang akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan juga mengangkat beberapa derajat?" Para sahabat menjawab: "Tentu, wahai Rasulullah?" Beliau bersabda: "Menyempurnakan wudhu' pada saat yang tidak disukai, banyak melangkah ke masjid-masjid, dan menunggu sholat setelah melaksanakan shalat. Maka, itulah ar-tibath (berjuang di jalan Allah)." (HR Muslim)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3120 seconds (0.1#10.140)