Prof Sari Hanafi Mempertanyakan Sekularisme Prancis yang Menurunkan Religiositas

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 14:50 WIB
loading...
A A A
Kegilaan normatif ini berlanjut di Prancis dengan kasus-kasus yang lebih baru: larangan Federasi Sepak Bola Prancis untuk menghentikan pertandingan agar pemain Muslim dapat berbuka puasa selama bulan Ramadhan, atau penggunaan gagasan "simbol agama berdasarkan tujuan" oleh menteri pendidikan untuk melarang gaun panjang yang dikenakan oleh beberapa siswi.

Semua ini telah membuat ilmuwan politik Prancis Olivier Roy memperingatkan terhadap "perluasan wilayah norma" dan hukum semacam itu di beberapa negara barat, dan terhadap penyusutan ruang publik untuk negosiasi, debat, dan bahkan dialog.

Dalam situasi sekuler, kata Sari Hanafi, pemisahan politik dan agama tentu saja masuk akal bila menyangkut pembatasan pelaksanaan politik oleh para ulama yang tindakannya dibatasi secara eksklusif untuk kepentingan pemeluknya.

Politisasi agama dan peran moral yang ingin dimainkannya, secara negatif atau positif, telah menjadi bukti di banyak negara, termasuk yang disebut negara "sekuler".



Pengaruh elektoral gereja-gereja telah menjadi jelas di banyak negara demokratis, di mana hal itu memengaruhi kiri dan kanan. Di Brasil, Pentakosta yang sama yang memilih Lula (dan mendapat 100 anggota parlemen pada 2016) memilih Jair Bolsonaro. Namun tidak ada yang menyerukan larangan "kekristenan politik".

Jadi tidak lagi dapat diterima untuk hanya berfokus pada peran negatif religiusitas, secara politik dan sosial, karena kemungkinan perannya dalam lintasan radikalisasi, sektarianisme, atau penaklukan sosial dan politik.

Dalam konteks lain, religiusitas dapat melayani kemajuan sosial, solidaritas sipil dan/atau perlawanan terhadap kolonialisme dan otoritarianisme.

Menurut Sari Hanafi, pembedaan antara bidang politik dan agama seharusnya berarti otonomi masing-masing lembaga agama dan waktu. Namun, kenyataan hari ini, khususnya yang menyangkut minoritas Muslim, sangat berbeda: otoritas temporal melakukan dominasi atas lembaga-lembaga keagamaan.

Ketika mantan Presiden Nicolas Sarkozy menyerukan organisasi komunitas Muslim di Prancis, sudah jelas, bahkan sebelum pemilihan diadakan, siapa yang akan memimpin komunitas tersebut. Dia mengamanatkan bahwa dia sendiri yang akan mencalonkan 30% dewan.

Prancisnya Emmanuel Macron sama-sama tidak menganjurkan upaya apa pun untuk representasi sejati Muslim Prancis, karena ini akan "merupakan hambatan bagi kebijakan asimilasi mereka" - frasa yang tidak jelas, meskipun sering diulang di kelas politik Prancis.



Meskipun asas netralitas negara diperlukan untuk otonomi lembaga keagamaan, tidak berarti negara dapat menahan diri untuk mengelola dan mengatur pluralisme agama secara adil, terutama dalam masyarakat multietnis dan multikultural.

Jika kita melihat berbagai sistem politik - dari rezim otoriter yang paling represif hingga negara demokrasi liberal - kita melihat bahwa kebanyakan dari mereka terlibat dalam mengelola pluralisme agama.

Dalam konfigurasi seperti itu, negara mungkin memiliki peran yang berbeda. Hal ini tergantung pada visinya tentang dimensi moral agama. Itu bisa positif (kebijakan integrasi dan inklusi, kebijakan pengakuan) atau negatif (kebijakan eksklusi, pelarangan manifestasi keagamaan, ketidakpedulian budaya, kebijakan non-pengakuan atau misrecognition).

Sekularisme eksklusi Prancis yang baru hanya berfokus pada visi negatif ini dan telah menjadi senjata mematikan (ekstrim) kanan. Dari Rachida Dati hingga Fadela Amara, partai-partai Prancis tidak pernah memilih aktor-aktor politik (menjadi menteri atau anggota parlemen) yang berasal dari Arab atau Muslim, selain mereka yang seharusnya menjauhkan diri dari budaya nenek moyang mereka, yang bagaimanapun juga bahwa sebagian besar komunitas Muslim di Prancis.



Sekularisme 'Lunak'

Sari Hanafi mengatakan tidak ada pertanyaan tentang kebajikan positif dari sekularisme historis yang telah dibantu oleh Prancis untuk dipromosikan ke seluruh dunia. Namun, karena alasan-alasan yang diuraikan, sekularisme baru yang dipromosikan di Prancis selama beberapa dekade terakhir tidak dapat lagi diekspor seperti di masa lalu.

Pertama, agama sering dianggap salah sebagai lingkungan sosial yang benar-benar terpisah dari masyarakat lainnya. "Tapi seperti sosio-antropolog Kanada Francois Gauthier, saya menolak untuk melihat masyarakat terbagi dalam kompartemen yang berbeda, salah satunya adalah agama," katanya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5572 seconds (0.1#10.140)