Sultan Abdul Hamid II Tolak Rayuan Zionis Kuasai Bumi Palestina

Kamis, 30 Juli 2020 - 09:23 WIB
loading...
A A A
Soal Al-Quds
Sedangkan mengenai Al-Quds, Sultan Abdul Hamid ll mengatakan; "Kenapa kita harus meninggalkan Al-Quds. Sesungguhnya dia adalah tanah kita di setiap waktu dan masa, dan akan senantiasa demikian adanya. Dia adalah salah satu dari kota-kota suci kita, dan berada di tanah Islam. Al-Quds selamanya harus berada di tangan kita.”

Maksud Sultan Abdul Hamid dalam mendengarkan apa yang dikatakan oleh Theodore Herzl adalah, untuk mengetahui pertama, hakikat rencana-rencana orang Yahudi. Kedua, mengetahui kekuatan orang-orang Yahudi di seluruh dunia. Ketiga, menyelamatkan pemerintahan Utsmani dari ancaman bahaya Yahudi.

Sultan Abdul Hamid mulai membentuk agen-agen internal dan eksternal untuk memantau apa yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Mereka diminta untuk menuliskan laporan.



Sultan mengeluarkan dua maklumat penting. Pertama, pada bulan Juni tahun 1890 M dan yang kedua pada bulan Juli tahun 1890 M. Dalam maklumat yang pertama disebutkan tentang ditolaknya orang-orang Yahudi di kerajaan-kerajaan Syahsaniyah. Sedangkan yang kedua berisi kewajiban semua menteri untuk melakukan studi beragam serta wajib mengambil keputusan yang serius dan tegas dalam masalah Yahudi tersebut.

Sultan Abdul Hamid II mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah digadaikan Palestina pada orang-orang Yahudi. Atas dasar inilah, dia dengan penuh serius tidak memberikan hak-hak istimewa pada orang-orang Yahudi yang kira-kira akan membuat orang-orang Yahudi tersebut bisa menguasai tanah Palestina.

Dalam kondisi yang demikian, tidak ada jalan lain bagi orang-orang Yahudi, kecuali semua kekuatan Yahudi bersatu padu dan bergandeng tangan untuk menyingkirkan Sultan Abdul Hamid II dari kursi kekuasaan.



Hal ini dikuatkan oleh apa yang dikatakan oleh Theodore Herzl: “Sesungguhnya saya kehilangan harapan untuk bisa merealisasikan keinginan orang-orang Yahudi di Palestina. Sesungguhnya orang-orang Yahudi tidak akan pernah bisa masuk ke dalam tanah yang dijanjikan, selama Sultan Abdul Hamid II masih tetap berkuasa dan duduk di atas kursinya.”

Orang-orang Yahudi di seluruh dunia bergerak membantu para musuh Sultan Abdul Hamid II. Mereka di antaranya terdiri dari kalangan pemberontak Armenia, para nasionalis di Balkan, gerakan Organisasi Persatuan dan Pembangunan. Mereka selalu membantu gerakan-gerakan separatis yang tidak lagi ingin bergabung dengan pemerintahan Sultan Abdul Hamid. ( )
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)