Khasiat Surat Ath-Thariq, Salah Satunya Menyembuhkan Luka

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 20:22 WIB
loading...
Khasiat Surat Ath-Thariq, Salah Satunya Menyembuhkan Luka
jika dibacakan atas suatu hal, maka ia dapat memeliharanya dan pemiliknya aman atasnya. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Ath-Thariq , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, barangsiapa membasuh luka dengan airnya maka luka tersebut akan mereda dan tidak mengeluarkan nanah. "Dan barangsiapa yang membacanya di atas minuman apa pun maka dia akan terlindung dari muntah," ujarnya.

Dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Ath-Thariq), maka Allah akan mencatatnya melakukan sepuluh kebaikan sejumlah semua bintang di langit. Barangsiapa yang menulisnya dan membasuhnya dengan air, dan membasahkannya ke luka, maka ia akan membaik. Dan jika dibacakan atas suatu hal, maka ia dapat memeliharanya dan pemiliknya aman atasnya.”

Ath-Thariq sendiri artinya adalah “yang datang di malam hari.” Surat yang terdiri atas 17 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Balad. Ia diberi nama Surat Ath-Thariq, karena merujuk pada lafaz ath-thariq yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)