Yahudi Indonesia: Menjadi Hantu yang Nyaman dan Tidak Pernah Terlihat

Senin, 06 November 2023 - 14:35 WIB
loading...
A A A
Simanjutak yakin ada banyak niat baik di kalangan umat Kristiani di Indonesia—yang merupakan 10% dari populasi negara ini—terhadap Yudaisme, dan banyak dari mereka melihatnya sebagai cikal bakal agama mereka.

Dia mengatakan bahwa ketika dia berbicara dengan umat Kristen di Manado, mereka selalu menyebut sinagoga Shaar Hashamayim milik Tondano sebagai “gereja Yahudi".



Rabi Baruch dari Shaar Hashamayim, seorang penduduk asli Sulawesi Utara berusia 40 tahun yang tumbuh dalam keluarga Kristen di Manado, mengatakan bahwa menjalin hubungan baik dengan agama lain di Indonesia mengirimkan pesan yang jelas bahwa Yudaisme adalah agama damai.

Meijer-Verbrugge, meski tetap optimis mengenai masa depan, mengatakan bahwa kaum Yahudi di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, baik internal maupun eksternal.

“Jumlah kami yang kecil berarti koordinasi dan acara komunal lebih sulit dan mahal untuk diselenggarakan,” katanya. Tidak semua orang Yahudi di Indonesia berpenghasilan tinggi, tambahnya, banyak yang memperoleh upah minimum, sekitar US$132 hingga $333 per bulan.

“Ini berarti banyak dari mereka tidak mampu menjadi anggota organisasi Yahudi internasional atau melakukan perjalanan untuk bertemu dengan saudara-saudara mereka di luar negeri.”

Tantangan lain yang lebih mendasar, katanya: “Masih sangat sulit bagi kami di sini untuk menemukan pasangan hidup yang juga beragama Yahudi. Implikasinya jelas bagi generasi berikutnya.”

Abraham mengatakan dia telah mengesampingkan pernikahan di luar agama. “Untungnya,” katanya, “pacar saya bersedia pindah agama” ke Yudaisme.



Baruch memberikan nasihat yang bijaksana kepada rekan-rekan Yahudi di Indonesia, dengan mengatakan bahwa musuh terbesar sering kali datang dari dalam.

Dia memberi contoh bagaimana orang yang baru masuk Yudaisme secara terbuka meremehkan agama mereka sebelumnya di media sosial. “Adalah tanggung jawab para pemimpin komunitas kami untuk mengekang fanatisme tersebut,” katanya, “karena kami ingin Yudaisme di Indonesia menjadi agama yang inklusif.”
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3483 seconds (0.1#10.140)