Siapa Penduduk Rass yang Diazab Allah Taala? Begini Jawaban Sejarawan dan Ulama

Selasa, 28 November 2023 - 15:50 WIB
loading...
Siapa Penduduk Rass yang Diazab Allah Taala? Begini Jawaban Sejarawan dan Ulama
Kaum Rass membunuh nabi yang mengajak mereka bertobat. Ilustrasi: Ist
A A A
Terkait penduduk Rass diabadikan di dalam Al-Quran pada surat al-Furqan ayat 38-39 dan Surat Qaaf ayat 12-14. Allah ta'ala menjelaskan dalam firman-Nya:

وَعَادا وَثَمُودَاْ وَأَصۡحَٰبَ ٱلرَّسِّ وَقُرُونَۢا بَيۡنَ ذَٰلِكَ كَثِيرا
وَكُلّا ضَرَبۡنَا لَهُ ٱلۡأَمۡثَٰلَۖ وَكُلّا تَبَّرۡنَا تَتۡبِيرا

Artinya: "Dan (kami binasakan) kaum 'Aad dan Tsamud dan penduduk Rass dan banyak (lagi) generasi-generasi di antara kaum- kaum tersebut. Dan Kami jadikan bagi masing-masing mereka perumpamaan dan masing-masing mereka itu benar-benar telah Kami binasakan dengan sehancur-hancurnya". ( QS al-Furqaan : 38-39).

Dan juga firman Allah ta'ala:

كَذَّبَتۡ قَبۡلَهُمۡ قَوۡمُ نُوح وَأَصۡحَٰبُ ٱلرَّسِّ وَثَمُودُ (١٢)
وَعَاد وَفِرۡعَوۡنُ وَإِخۡوَٰنُ لُوط (١٣)
وَأَصۡحَٰبُ ٱلۡأَيۡكَةِ وَقَوۡمُ تُبَّعۚ كُلّ كَذَّبَ ٱلرُّسُلَ فَحَقَّ وَعِيدِ (١٤)

Artinya: Sebelum mereka telah mendustakan (pula) kaum Nuh dan penduduk Rass dan Tsamud, dan kaum Aad, kaum Fir'aun dan kaum Luth, dan penduduk Aikah serta kaum Tubba' semuanya telah mendustakan Rasul- Rasul Maka sudah semestinyalah mereka mendapat hukuman yang sudah diancamkan". ( QS Qaaf : 12-14).



Abu Bakar Zakaria dalam bukunya yang diterjemahkan Abu Umamah Arif Hidayatullah berjudul "Paganisme Sebelum Nabi Musa as" (Islam House, 2014) mengatakan mengatakan konteks ayat di atas dan yang sebelumnya menunjukan bahwa mereka dibinasakan dan dihancurkan sampai bersih.

Lalu, siapa yang dimaksud dengan penduduk Rass? Terjadi silang pendapat di kalangan ahli sejarah ketika menyebutkan siapa mereka dan keyakinan apa yang mereka anut. Sejarawan mengatakan tentang jati diri penduduk Rass ini, dengan mengatakan sebagai berikut:

1. Kata tersebut dalam bahasa Arab berarti telaga yang sudah kering airnya. Adapun bentuk pluralnya ialah Ra'aas.

2. Kata itu bermakna setiap galian yang ada di tanah baik berupa sumur ataupun liang kubur.

3. Sesungguhnya Rass itu bermakna pertambangan. Pendapat ini yang dipegang oleh Abu Ubaidah.

4. Rass adalah sebuah perkampungan yang berada di Yamamah yang disebut dengan al-Falaj, termasuk dari kaumnya Tsamud. Inilah yang dikatakan oleh Qatadah.

5. Dan juga pernyataan-pernyataan lain dari pakar sejarah.



Abu Bakar Zakaria mengatakan posisi Rass berada di sekitar wilayah Najran dan Yaman sampai ke Hadramaut. Sebagaimana ditegaskan oleh sebagian ahli tafsir.

Ada pula yang mengatakan kalau Rass itu adalah air dan perkebunan kurma milik kabilah Asad. Ulama lain ada yang menyebutnya salju yang berada di pegunungan. Sering pula diartikan secara bebas dengan makna mendamaikan orang dan merusak diantara mereka, karena kata ini memiliki makna yang saling kontradiktif.

Abu Bakar Zakaria mengatakan para ulama juga berbeda pendapat tentang hal ini menjadi beberapa pendapat:

1. Mereka masih termasuk dari kaumnya nabi Syu'aib as. Seperti disebutkan oleh sebagian ahli tafsir.

2. Mereka adalah kaumnya Raswa, sedangkan nabi mereka berada di sumur. Begitu dikatakan oleh Ikrimah.

3. Mereka adalah suatu kaum yang sering keluar masuk sumur untuk menyembah patung yang mereka letakkan di sana. Mereka tidak pandang bulu siapapun yang menyelesihi agamanya melainkan mereka pasti akan membunuhnya lalu mencemplungkan ke dalam sumur tersebut. Dan keberadaan kaum Rass ini berada di Syam. Demikian seperti yang dikatakan oleh adh-Dhahak.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)