Inilah Kenikmatan di Atas Segala Kenikmatan

loading...
Inilah Kenikmatan di Atas Segala Kenikmatan
Dibalik kenikmatan yang tiada terkira di dalam surga, ada kenikmatan lain yang jauh melebihi kenikmatan tersebut yaitu ridha Allah. Foto/Ist
Mendengar kata surga tentu yang terbayang di benak kita adalah tempat yang penuh kenikmatan. Tak ada sedih, duka, kesusahan, ketakutan apalagi permusuhan. Tak heran jika semua orang mendambakan jadi penghuni surga.

Pertanyaannya, apakah ada kenikmatan di atas kenikmatan surga? Untuk menjawabnya, mari kita simak sabda Rasulullah SAW berikut ini:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ لِأَهْلِ الْجَنَّةِ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ فَيَقُولُونَ لَبَّيْكَ رَبَّنَا وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ فِي يَدَيْكَ فَيَقُولُ هَلْ رَضِيتُمْ فَيَقُولُونَ وَمَا لَنَا لَا نَرْضَى يَا رَبِّ وَقَدْ أَعْطَيْتَنَا مَا لَمْ تُعْطِ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ فَيَقُولُ أَلَا أُعْطِيكُمْ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ فَيَقُولُونَ يَا رَبِّ وَأَيُّ شَيْءٍ أَفْضَلُ مِنْ ذَلِكَ فَيَقُولُ أُحِلُّ عَلَيْكُمْ رِضْوَانِي فَلَا أَسْخَطُ عَلَيْكُمْ بَعْدَهُ أَبَدًا (رواه البخاري)

Dari Abu Sa'id Al Khudzri ra berkata: 'Nabi SAW bersabda: "Bahwa Allah Ta'ala berfirman kepada penduduk surga, 'Wahai penduduk surga.' Mereka menjawab, 'Baik, kami penuhi panggilan-Mu, dan seluruh kebaikan berada di tangan-Mu Ya Allah. Allah meneruskan: 'Apakah kalian telah ridha (terhadap nikmat surga)?' Mereka menjawab: 'Bagaimanakah kami tidak puas wahai Rabb, sedang telah Engkau beri kami sesuatu yang belum pernah Engkau berikan kepada satu pun dari makhluk-Mu.' Allah kembali berfirman, 'Maukah Aku beri kalian suatu yang lebih baik dari itu semua? ' Mereka bertanya, 'Ya Rabb, apalagi yang lebih utama daripada ini semua?' Allah menjawab, "Sekarang Aku halalkan untuk kalian keridhaan-Ku, sehingga Aku tidak marah terhadap kalian selama-lamanya". (HR. Al-Bukhari). (Baca Juga: Amalan Sederhana yang Dapat Mengantarkan ke Surga)



Subhanallah, betapa beruntungnya mereka yang mendapatkan ridhanya Allah. Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta, Ustaz Rikza Maulan dalam web resminya mengatakan, kenikmatan surga merupakan kenikmatan yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang diridhai-Nya. Sebuah kenikmatan surga yang tidak pernah Allah berikan kepada siapapun di seluruh jagad raya, selain kepada orang-orang yang bertakwa.

Dalam riwayat lainnya disebutkan, Allah berfirman: 'Aku sediakan bagi hamba-hamba-Ku yang shaleh, kenikmatan (surga) yang belum pernah terlihat oleh mata, tiada pernah didengar oleh telinga, bahkan tiada pernah terlintas dalam benak khayal manusia (HR. Al-Bukhari). (Baca Juga: Inilah Perbuatan yang Menghalangi Seseorang Masuk Surga)

Demikan tak terkiranya kenikmatan surga, hingga kelak para penghuni surga ketika ditanya oleh Allah, apakah mereka ridha terhadap surga yang telah Allah berikan kepada mereka? Mereka menjawab: 'Bagaimanakah kami tidak puas wahai Rabb, sedang Engkau telah memberi kami sesuatu yang belum pernah Engkau berikan kepada satu pun dari makhluk-Mu.' Sungguh merupakan gambaran kenikmatan yang sangat sangat besarnya.



Namun ternyata, dibalik kenikmatan materi yang tiada terkira di dalam surga, ada kenikmatan lain yang jauh melebihi besarnya kenikmatan materi, yaitu kenikmatan inmateri. Sebagaimana digambarkan dalam hadits Qudsi di atas: "Maukah Aku beri kalian suatu yang lebih baik dari itu semua?' Mereka bertanya, 'Ya Rabb, apalagi yang lebih utama daripada ini semua? ' Allah menjawab, 'Sekarang Aku halalkan untuk kalian keridhaan-Ku, sehingga Aku tidak marah terhadap kalian selama-lamanya.'

"Itulah kenikmatan di atas segala kenikmatan, yaitu keridhaan paripurna dari Allah Ta'ala. Dan Allah tiada akan pernah marah dan murka terhadap mereka. Subhanallah, mudah-mudahan kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan nikmat surga dan ridha-Nya," kata Ustaz Rikza. (Baca Juga: Inilah Perbuatan yang Mendatangkan Ridha Allah Ta'ala)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
صِرَاطِ اللّٰهِ الَّذِىۡ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ اَلَاۤ اِلَى اللّٰهِ تَصِيۡرُ الۡاُمُوۡرُ
(Yaitu) jalan Allah yang milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, segala urusan kembali kepada Allah.

(QS. Asy-Syura:53)
cover bottom ayah
preload video