Inilah Doa Terbaik Saat Galau dan Sedih

Minggu, 09 Agustus 2020 - 20:44 WIB
loading...
Inilah Doa Terbaik Saat Galau dan Sedih
Ulama besar Yaman Al-Habib Umar Bin Hafizh (kiri) ketika didampingi Habib Munzir Al-Musawa di Indonesia beberapa waktu lalu. Foto/Ist
A A A
Pernahkah anda merasa galau, sedih, gundah, terkurung atau merasa marah kepada orang lain? Jika iya, ada baiknya mengamalkan doa ini. Rasulullah SAW menyebutnya sebagai salah satu doa terbaik.

Ulama besar asal Hadhramaut Yaman Al-Habib Umar Bin Hafizh dalam satu tausiyahnya mengatakan, ketika Nabi Yunus 'alaihissalam berada dalam gelapnya perut ikan dan kegelapan lautan yang dalam, beliau berdoa dan menyerahkan urusannya kepada Allah Ta'ala. ( )

" Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutnya sebagai doa terbaik. Doa terbaik adalah doa saudaraku Yunus Ibn Mattah," kata Habib Umar.

Siapa yang memanjatkan doa ini dengan bersungguh-sungguh maka Allah akan menyelamatkannya dari kegundahan sebagaimana yang disebutkan dalam ayat ini: "Maka Kami mengabulkannya doanya dan Kami menyelamatkannya dari kesedihan dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang beriman". (QS. Al-Anbiya': Ayat 88)

Habib Umar mengatakan, kalangan shalihin dari umat ini masih memanjatkan doanya Nabi Yunus tersebut. Pemimpin para Rasul juga memanjatkan doa ini dan suka mengulanginya. ( )

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa Ilaha Anta SubhanaKa Innii Kuntu Minazzhaalimiin

"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim." (QS. Al-Anbiya: 87).

(Baca Juga: Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Besar, Ini Penyebabnya)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2613 seconds (0.1#10.140)