Musim Dingin di Pakistan saatnya Menggelar Pesta Pernikahan

Senin, 05 Februari 2024 - 08:38 WIB
loading...
Musim Dingin di Pakistan saatnya Menggelar Pesta Pernikahan
Saat ini sedang musim dingin di Pakistan, dan itu berarti pernikahan. Foto: AL Jazeera
A A A
Saat ini sedang musim dingin di Pakistan , dan itu berarti pernikahan . Banyak pernikahan.

Selama cuaca dingin antara bulan November dan Februari, jutaan orang menghadiri pernikahan setiap pekannya. Warga Pakistan yang tinggal di luar negeri pulang dari seluruh dunia untuk musim ini, memadati ruang kedatangan bandara dan hotel bintang lima.

Al Jazeera melaporkan mereka bahkan punya nama untuk itu: Desemberistan. “Desember adalah saat semua orang punya alasan untuk berhenti khawatir, berapa pun tingkat pendapatan Anda,” kata konsultan komunikasi yang berbasis di Karachi, Khizra Munir.

“Ini saat yang tepat untuk mengadakan reuni, alasan yang bagus untuk berdandan.”



Pernikahan adalah salah satu dari sedikit kesempatan bagi masyarakat di negara mayoritas Muslim untuk bersosialisasi dan berpesta.

Pernikahan khas Pakistan terdiri dari setidaknya tiga acara, dan seringkali lebih banyak lagi: ada pertunangan, pertemuan ketika teman dan keluarga mengoleskan pasta kunyit ke tangan dan wajah pengantin wanita dalam ritual pra-glam, pesta lainnya untuk mengaplikasikan henna ke tangan dan kaki pengantin wanita – yang tentu saja berarti lebih banyak musik dan tarian. Pengantin wanita mendapat prosesi. Begitu pula dengan mempelai pria.

Lalu ada biaya dari semua pihak tersebut. Sebuah acara pernikahan di ruang perjamuan kelas atas dapat menghabiskan biaya hingga 1 juta rupee atau setara Rp56 juta, harga yang mahal di negara dengan produk domestik bruto (PDB) per kapita tahunan hanya lebih dari $1.500 dan inflasi yang sangat tinggi. Keluarga yang lebih kaya bisa dengan mudah menghabiskan 10 hingga 20 juta rupee untuk sebuah pesta.

Bank menawarkan pinjaman dan pembiayaan pernikahan lainnya hingga Rp3 juta. Lembaga kesejahteraan, termasuk salah satu dari pemerintah Pakistan, mendukung orang-orang dari latar belakang kurang beruntung atau rumah tangga berpenghasilan rendah untuk membiayai pernikahan.

Namun orang-orang masih menantikan musim pernikahan, meskipun tuntutannya terhadap dompet dan lemari pakaian.

Pada bulan Maret, warga Pakistan mulai kembali menghadapi cuaca panas dan kesengsaraan sehari-hari, termasuk tagihan bagi mereka yang berutang.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)