Ketika Masjid-Masjid di India Diklaim sebagai Kuil Hindu
loading...
A
A
A
Suasana meriah menyelimuti Varanasi, salah satu kota paling suci umat Hindu yang terletak di tepi sungai Gangga. Itu adalah minggu di mana Perdana Menteri Narendra Modi meresmikan kuil baru untuk dewa Hindu Ram, tempat Masjid Babri abad ke-16 pernah berdiri di kota Ayodhya, 200 km (124 mil) ke utara.
Di Varanasi, jalan-jalan dan perahu-perahu di sungai dihiasi dengan bendera safron bergambar Ram. Di luar kuil Kashi Vishwanath yang terkenal dan bersejarah di Varanasi, aroma kapur barus yang terbakar dan suara musik klasik India melayang di udara saat para peziarah berbondong-bondong ke kuil untuk memanjatkan doa.
Namun di sebelahnya, di sebelah barat kuil, semangat karnaval digantikan dengan suasana yang ketat dan suram, dengan barikade dan petugas polisi menyapa kerumunan orang.
Para petugas menjaga Masjid Gyanvapi – yang diyakini secara luas dibangun di atas reruntuhan kuil Kashi Vishwanath abad ke-16 yang dihancurkan oleh kaisar Mughal Aurangzeb pada tahun 1669.
Menurut Al Jazeera, meskipun kuil Kashi yang sebagian hancur telah dibangun kembali dan berdiri berdekatan dengan Masjid Gyanvapi, kelompok supremasi Hindu telah berusaha untuk merebut kembali masjid tersebut selama beberapa dekade.
Pada bulan Mei 2022, beberapa umat Hindu pergi ke pengadilan setempat Varanasi untuk meminta izin beribadah di dalam kompleks masjid setelah survei video yang diperintahkan pengadilan menemukan bahwa 'Shivling' – simbol dewa Hindu Siwa – ditemukan di dekat wuzukhana, sebuah sumur yang digunakan oleh jamaah Muslim di masjid.
Kasus ini mendapatkan momentumnya pada bulan Januari tahun ini ketika survei dari Survei Arkeologi India (ASI), antara lain, menyatakan bahwa sebuah kuil Hindu besar telah ada di lokasi sebelum masjid dan bahwa patung dewa Hindu juga terdapat di ruang bawah tanah dari masjid.
Dalam beberapa hari, pada tanggal 31 Januari, Hakim Ajaya Krishna Vishvesha dari pengadilan Varanasi mengeluarkan perintah yang memutuskan bahwa umat Hindu akan diizinkan untuk salat di ruang bawah tanah masjid – bagian yang telah ditutup karena masalah keamanan.
“Pengadilan Negeri Varanasi telah menciptakan sejarah hari ini,” kata Vishnu Jain, pengacara Mahkamah Agung yang mewakili pihak Hindu dalam sebuah postingan di X.
Sehari kemudian, video dan gambar mulai muncul di media sosial tentang seorang pendeta yang sedang berdoa kepada dewa Hindu di dalam ruang bawah tanah masjid.
Anjuman Intezamia Masajid, komite yang mengelola Masjid Gyanvapi, menolak perintah pengadilan setempat dan dijadwalkan untuk menggugat kasus tersebut di Pengadilan Tinggi Allahabad di kota Prayagraj, yang sebelumnya dikenal sebagai Allahabad, pada 6 Februari.
“Sepertinya sistem peradilan bertentangan dengan umat Islam,” Rais Ahmad Ansari, seorang advokat di Varanasi yang mewakili pihak Muslim, mengatakan kepada Al Jazeera.
Bahkan di tengah meningkatnya momentum gerakan supremasi Hindu di India yang menargetkan masjid, yang seringkali difasilitasi oleh otoritas pemerintah – sebuah masjid berusia berabad-abad dirobohkan di New Delhi minggu lalu – kasus yang melibatkan struktur Gyanyavi memiliki signifikansi politik yang dalam.
Varanasi adalah daerah pemilihan Modi, yang memimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) yang mayoritas beragama Hindu dan berkuasa di negara tersebut, namun telah membangun hubungan yang kuat dengan presiden dan menteri negara demokrasi liberal Barat.
India akan memberikan suara dalam pemilihan umum yang diperkirakan akan diadakan antara bulan Maret dan Mei.
‘Anda dapat merasakan nuansa Hindu di sekitar Anda’
Meskipun perintah pengadilan tersebut tidak menimbulkan kekerasan atau kerusuhan komunal, rasa cemas lazim terjadi di lingkungan Muslim di kota tersebut, menurut advokat Ansari.
“Toko-toko milik Muslim tutup setelah sidang [31 Januari] karena takut akan terjadi perselisihan. Salat Jumat juga disambut dengan pengamanan ketat saat ratusan orang berkumpul di luar Masjid Gynavapi untuk salat. Ada rasa cemas di benak setiap umat Islam,” ujarnya.
“Di Varanasi masih damai. Tapi perdamaian ini terasa tidak nyaman,” tambahnya.
Sementara itu, beberapa saluran berita di negara tersebut memuji perintah pengadilan setempat dan dimulainya salat di masjid sebagai “kemenangan besar bagi umat Hindu” – sebuah sentimen yang juga dimiliki oleh beberapa umat Hindu di Varanasi.
“Kami berencana mengunjungi lokasi tersebut dan melihat pendeta melakukan ritual di masjid segera setelah ujian kami berakhir,” kata Ayush Akash dan Harshit Sharma, dua mahasiswa ilmu politik berusia 21 tahun di Universitas Hindu Banaras (BHU), kepada Al Jazeera.
Nita, seorang umat Hindu di kuil Kashi Vishwanath, juga rajin berdoa di kuil tersebut.
“Kami merasa senang dengan hal itu [putusan pengadilan]. Jika kami diizinkan untuk berkunjung dan berdoa, kami akan pergi. Ketika umat Hindu berdoa di Varanasi, mereka memiliki tempat ibadahnya sendiri. Adikku adalah seorang pendeta dan hanya bisa beribadah di kuilnya. Tapi jika pendeta mengizinkan kami masuk ke Gyanvapi, kami pasti akan pergi,” katanya kepada Al Jazeera.
“Masyarakat di sini sudah menggila sejak diresmikannya Pura Ayodhya,” kata Nita.
“Anda dapat merasakan nuansa Hindu di sekitar Anda saat berada di jalanan. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya, namun semua orang senang dengan apa yang terjadi dan Gyanvapi adalah kuil Hindu,” tambahnya.
Akash dari BHU menunjukkan bahwa orang-orang dari semua agama di Varanasi telah hidup berdampingan secara damai selama bertahun-tahun dan cukup dewasa untuk tidak melakukan kerusuhan terkait sengketa kuil-masjid.
“Sepertinya umat Hindu berkuasa, dan ya, sebagian umat Muslim mungkin tidak senang dengan keputusan pengadilan setempat mengenai Masjid Gyanvapi. Namun di kota ini, meskipun terdapat perbedaan ideologi, hal tersebut tidak menghentikan persahabatan Hindu-Muslim. Begitulah Varanasi yang sebenarnya,” ujarnya.
Semua tentang Politik
Sejak Modi berkuasa pada tahun 2014, para kritikus dan kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintahnya mendorong atau memfasilitasi peningkatan supremasi Hindu, sementara diskriminasi dan kekerasan terhadap umat Islam – yang mewakili agama minoritas terbesar di negara tersebut – semakin meningkat.
Kelompok nasionalis Hindu juga semakin melancarkan atau mengintensifkan kampanye hukum terhadap masjid-masjid berusia beberapa abad, dengan mengklaim bahwa masjid-masjid tersebut dibangun di atas sisa-sisa tempat suci Hindu.
“Ada slogan yang digunakan oleh kaum nasionalis Hindu yang mengatakan ‘Ayodhya Jhaki hain, Kashi-Mathura Baki Hain,'” kata Akash dari BHU. Jika diterjemahkan, slogannya berbunyi 'Ayodhya hanyalah pratinjau, Kashi [Varanasi] dan Mathura tersisa'.
Hal ini mengacu pada bagaimana pembongkaran Masjid Babri pada tahun 1992 di Ayodhya dimanfaatkan oleh kelompok mayoritas Hindu untuk melakukan tindakan serupa terhadap masjid era Mughal di Varanasi dan Mathura.
“Tetapi saat ini, di Varanasi, kasus Gyanvapi adalah soal politik. Sepertinya pengadilan setempat memberikan keputusannya tepat pada waktunya untuk pemilihan umum mendatang. Saya rasa keputusannya adalah menyatukan umat Hindu sebelum pemilu,” ujarnya.
“Tidak ada yang pernah mengatakan bahwa di tempat Masjid Gyanvapi berdiri saat ini, tidak ada kuil. Jelas ada sebuah kuil dan dibongkar. Bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang,” kata Rezawi.
“Alasan di balik penghancuran candi adalah munculnya perselisihan karena cara penyajian sejarah pembongkaran candi saat ini adalah narasi yang salah.”
Rezawi menyoroti bagaimana buku Temple Desecration and Muslim States in Medieval India, yang ditulis oleh sarjana Amerika Richard Eaton, menjelaskan bahwa di India pra-kolonial, setiap dinasti memiliki dewa yang mereka sembah. Jika penguasa dinasti dikalahkan dan kerajaan diambil alih, maka dewa dan segala sesuatu yang dikhususkan untuk dewa – termasuk kuil – dihancurkan oleh penguasa yang menang.
“Ini adalah praktik yang diterima di kalangan raja dan persis seperti yang dilakukan [kaisar] Aurangzeb. Namun alasan di balik mengapa dia menghancurkan kuil Vishwanath dan membangun masjid memiliki banyak teori.
Beberapa sejarawan mengatakan hal itu karena alasan agama dan yang lain mengklaim itu adalah cara Aurangzeb menghukum keluarga Hindu yang mengelola masjid karena mereka telah membantu raja Hindu. Shivaji melarikan diri,” tambahnya.
“Apa yang dilakukan Aurangzeb harus dikutuk. Tapi dia hidup di era ketika tidak ada konstitusi. Kami memiliki konstitusi India yang menjamin hak-hak tertentu bagi masyarakat. Jadi saya tidak mengerti mengapa pengadilan dan perdana menteri mengabaikan hal ini dan melakukan kejahatan yang lebih keji daripada Aurangzeb,” kata Rezwai.
Secara konstitusional, India adalah negara sekuler. Negara ini juga mengeluarkan undang-undang pada tahun 1991 yang disebut Undang-Undang Tempat Ibadah, yang melarang konversi tempat ibadah dan menekankan bahwa sifat keagamaan di dalamnya harus dipertahankan.
Namun keputusan akhir mengenai masa depan masjid berada di tangan pengadilan negara.
Abhishek Sharma, pemuja kuil Kashi dan koordinator di Yayasan Swagatam Kashi, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa “orang-orang di Varanasi percaya pada 'Ganga-Jamuna tehzeeb',” sebuah metafora untuk keharmonisan sosial yang merujuk pada pencampuran air Sungai Gangga dan Yamuna. sungai.
“Kami selalu percaya hidup bersama dalam kesucian. Kami berdoa agar perdamaian ini tidak diganggu dengan cara apa pun,” ujarnya.
*Beberapa nama telah diubah untuk melindungi identitas.
Di Varanasi, jalan-jalan dan perahu-perahu di sungai dihiasi dengan bendera safron bergambar Ram. Di luar kuil Kashi Vishwanath yang terkenal dan bersejarah di Varanasi, aroma kapur barus yang terbakar dan suara musik klasik India melayang di udara saat para peziarah berbondong-bondong ke kuil untuk memanjatkan doa.
Namun di sebelahnya, di sebelah barat kuil, semangat karnaval digantikan dengan suasana yang ketat dan suram, dengan barikade dan petugas polisi menyapa kerumunan orang.
Para petugas menjaga Masjid Gyanvapi – yang diyakini secara luas dibangun di atas reruntuhan kuil Kashi Vishwanath abad ke-16 yang dihancurkan oleh kaisar Mughal Aurangzeb pada tahun 1669.
Menurut Al Jazeera, meskipun kuil Kashi yang sebagian hancur telah dibangun kembali dan berdiri berdekatan dengan Masjid Gyanvapi, kelompok supremasi Hindu telah berusaha untuk merebut kembali masjid tersebut selama beberapa dekade.
Pada bulan Mei 2022, beberapa umat Hindu pergi ke pengadilan setempat Varanasi untuk meminta izin beribadah di dalam kompleks masjid setelah survei video yang diperintahkan pengadilan menemukan bahwa 'Shivling' – simbol dewa Hindu Siwa – ditemukan di dekat wuzukhana, sebuah sumur yang digunakan oleh jamaah Muslim di masjid.
Kasus ini mendapatkan momentumnya pada bulan Januari tahun ini ketika survei dari Survei Arkeologi India (ASI), antara lain, menyatakan bahwa sebuah kuil Hindu besar telah ada di lokasi sebelum masjid dan bahwa patung dewa Hindu juga terdapat di ruang bawah tanah dari masjid.
Dalam beberapa hari, pada tanggal 31 Januari, Hakim Ajaya Krishna Vishvesha dari pengadilan Varanasi mengeluarkan perintah yang memutuskan bahwa umat Hindu akan diizinkan untuk salat di ruang bawah tanah masjid – bagian yang telah ditutup karena masalah keamanan.
“Pengadilan Negeri Varanasi telah menciptakan sejarah hari ini,” kata Vishnu Jain, pengacara Mahkamah Agung yang mewakili pihak Hindu dalam sebuah postingan di X.
Sehari kemudian, video dan gambar mulai muncul di media sosial tentang seorang pendeta yang sedang berdoa kepada dewa Hindu di dalam ruang bawah tanah masjid.
Anjuman Intezamia Masajid, komite yang mengelola Masjid Gyanvapi, menolak perintah pengadilan setempat dan dijadwalkan untuk menggugat kasus tersebut di Pengadilan Tinggi Allahabad di kota Prayagraj, yang sebelumnya dikenal sebagai Allahabad, pada 6 Februari.
“Sepertinya sistem peradilan bertentangan dengan umat Islam,” Rais Ahmad Ansari, seorang advokat di Varanasi yang mewakili pihak Muslim, mengatakan kepada Al Jazeera.
Bahkan di tengah meningkatnya momentum gerakan supremasi Hindu di India yang menargetkan masjid, yang seringkali difasilitasi oleh otoritas pemerintah – sebuah masjid berusia berabad-abad dirobohkan di New Delhi minggu lalu – kasus yang melibatkan struktur Gyanyavi memiliki signifikansi politik yang dalam.
Varanasi adalah daerah pemilihan Modi, yang memimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) yang mayoritas beragama Hindu dan berkuasa di negara tersebut, namun telah membangun hubungan yang kuat dengan presiden dan menteri negara demokrasi liberal Barat.
India akan memberikan suara dalam pemilihan umum yang diperkirakan akan diadakan antara bulan Maret dan Mei.
‘Anda dapat merasakan nuansa Hindu di sekitar Anda’
Meskipun perintah pengadilan tersebut tidak menimbulkan kekerasan atau kerusuhan komunal, rasa cemas lazim terjadi di lingkungan Muslim di kota tersebut, menurut advokat Ansari.
“Toko-toko milik Muslim tutup setelah sidang [31 Januari] karena takut akan terjadi perselisihan. Salat Jumat juga disambut dengan pengamanan ketat saat ratusan orang berkumpul di luar Masjid Gynavapi untuk salat. Ada rasa cemas di benak setiap umat Islam,” ujarnya.
“Di Varanasi masih damai. Tapi perdamaian ini terasa tidak nyaman,” tambahnya.
Sementara itu, beberapa saluran berita di negara tersebut memuji perintah pengadilan setempat dan dimulainya salat di masjid sebagai “kemenangan besar bagi umat Hindu” – sebuah sentimen yang juga dimiliki oleh beberapa umat Hindu di Varanasi.
“Kami berencana mengunjungi lokasi tersebut dan melihat pendeta melakukan ritual di masjid segera setelah ujian kami berakhir,” kata Ayush Akash dan Harshit Sharma, dua mahasiswa ilmu politik berusia 21 tahun di Universitas Hindu Banaras (BHU), kepada Al Jazeera.
Nita, seorang umat Hindu di kuil Kashi Vishwanath, juga rajin berdoa di kuil tersebut.
“Kami merasa senang dengan hal itu [putusan pengadilan]. Jika kami diizinkan untuk berkunjung dan berdoa, kami akan pergi. Ketika umat Hindu berdoa di Varanasi, mereka memiliki tempat ibadahnya sendiri. Adikku adalah seorang pendeta dan hanya bisa beribadah di kuilnya. Tapi jika pendeta mengizinkan kami masuk ke Gyanvapi, kami pasti akan pergi,” katanya kepada Al Jazeera.
“Masyarakat di sini sudah menggila sejak diresmikannya Pura Ayodhya,” kata Nita.
“Anda dapat merasakan nuansa Hindu di sekitar Anda saat berada di jalanan. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya, namun semua orang senang dengan apa yang terjadi dan Gyanvapi adalah kuil Hindu,” tambahnya.
Akash dari BHU menunjukkan bahwa orang-orang dari semua agama di Varanasi telah hidup berdampingan secara damai selama bertahun-tahun dan cukup dewasa untuk tidak melakukan kerusuhan terkait sengketa kuil-masjid.
“Sepertinya umat Hindu berkuasa, dan ya, sebagian umat Muslim mungkin tidak senang dengan keputusan pengadilan setempat mengenai Masjid Gyanvapi. Namun di kota ini, meskipun terdapat perbedaan ideologi, hal tersebut tidak menghentikan persahabatan Hindu-Muslim. Begitulah Varanasi yang sebenarnya,” ujarnya.
Semua tentang Politik
Sejak Modi berkuasa pada tahun 2014, para kritikus dan kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintahnya mendorong atau memfasilitasi peningkatan supremasi Hindu, sementara diskriminasi dan kekerasan terhadap umat Islam – yang mewakili agama minoritas terbesar di negara tersebut – semakin meningkat.
Kelompok nasionalis Hindu juga semakin melancarkan atau mengintensifkan kampanye hukum terhadap masjid-masjid berusia beberapa abad, dengan mengklaim bahwa masjid-masjid tersebut dibangun di atas sisa-sisa tempat suci Hindu.
“Ada slogan yang digunakan oleh kaum nasionalis Hindu yang mengatakan ‘Ayodhya Jhaki hain, Kashi-Mathura Baki Hain,'” kata Akash dari BHU. Jika diterjemahkan, slogannya berbunyi 'Ayodhya hanyalah pratinjau, Kashi [Varanasi] dan Mathura tersisa'.
Hal ini mengacu pada bagaimana pembongkaran Masjid Babri pada tahun 1992 di Ayodhya dimanfaatkan oleh kelompok mayoritas Hindu untuk melakukan tindakan serupa terhadap masjid era Mughal di Varanasi dan Mathura.
“Tetapi saat ini, di Varanasi, kasus Gyanvapi adalah soal politik. Sepertinya pengadilan setempat memberikan keputusannya tepat pada waktunya untuk pemilihan umum mendatang. Saya rasa keputusannya adalah menyatukan umat Hindu sebelum pemilu,” ujarnya.
“Tidak ada yang pernah mengatakan bahwa di tempat Masjid Gyanvapi berdiri saat ini, tidak ada kuil. Jelas ada sebuah kuil dan dibongkar. Bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang,” kata Rezawi.
“Alasan di balik penghancuran candi adalah munculnya perselisihan karena cara penyajian sejarah pembongkaran candi saat ini adalah narasi yang salah.”
Rezawi menyoroti bagaimana buku Temple Desecration and Muslim States in Medieval India, yang ditulis oleh sarjana Amerika Richard Eaton, menjelaskan bahwa di India pra-kolonial, setiap dinasti memiliki dewa yang mereka sembah. Jika penguasa dinasti dikalahkan dan kerajaan diambil alih, maka dewa dan segala sesuatu yang dikhususkan untuk dewa – termasuk kuil – dihancurkan oleh penguasa yang menang.
“Ini adalah praktik yang diterima di kalangan raja dan persis seperti yang dilakukan [kaisar] Aurangzeb. Namun alasan di balik mengapa dia menghancurkan kuil Vishwanath dan membangun masjid memiliki banyak teori.
Beberapa sejarawan mengatakan hal itu karena alasan agama dan yang lain mengklaim itu adalah cara Aurangzeb menghukum keluarga Hindu yang mengelola masjid karena mereka telah membantu raja Hindu. Shivaji melarikan diri,” tambahnya.
“Apa yang dilakukan Aurangzeb harus dikutuk. Tapi dia hidup di era ketika tidak ada konstitusi. Kami memiliki konstitusi India yang menjamin hak-hak tertentu bagi masyarakat. Jadi saya tidak mengerti mengapa pengadilan dan perdana menteri mengabaikan hal ini dan melakukan kejahatan yang lebih keji daripada Aurangzeb,” kata Rezwai.
Secara konstitusional, India adalah negara sekuler. Negara ini juga mengeluarkan undang-undang pada tahun 1991 yang disebut Undang-Undang Tempat Ibadah, yang melarang konversi tempat ibadah dan menekankan bahwa sifat keagamaan di dalamnya harus dipertahankan.
Namun keputusan akhir mengenai masa depan masjid berada di tangan pengadilan negara.
Abhishek Sharma, pemuja kuil Kashi dan koordinator di Yayasan Swagatam Kashi, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa “orang-orang di Varanasi percaya pada 'Ganga-Jamuna tehzeeb',” sebuah metafora untuk keharmonisan sosial yang merujuk pada pencampuran air Sungai Gangga dan Yamuna. sungai.
“Kami selalu percaya hidup bersama dalam kesucian. Kami berdoa agar perdamaian ini tidak diganggu dengan cara apa pun,” ujarnya.
*Beberapa nama telah diubah untuk melindungi identitas.
(mhy)