Shannah: Metode Kuno Menyimpan dan Mengawetkan Kurma di Jazirah Arab

Minggu, 03 Maret 2024 - 09:09 WIB
loading...
Shannah: Metode Kuno Menyimpan dan Mengawetkan Kurma di Jazirah Arab
Shannah dibuat dari kulit domba atau kambing dan merupakan elemen penting dalam proses penyimpanan kurma di AlUla. (Arab News)
A A A
Di Al-Ula dan Semenanjung Arab yang lebih luas, metode kuno dalam menyimpan dan mengawetkan kurma , dikenal sebagai shannah.

Shannah tidak hanya menunjukkan kecerdikan masa lalu namun juga memainkan peran penting dalam lanskap ekonomi dan pertanian di wilayah tersebut. Shannah dibuat dari kulit domba atau kambing dan merupakan elemen penting dalam proses penyimpanan kurma.

Kurma yang sudah dipanen dibersihkan, dikeringkan, dan dimasukkan ke dalam kulit binatang, kemudian dijahit menjadi satu dengan pelepah sawit. Shannah kemudian dijemur selama beberapa bulan hingga lima tahun. Proses shannah yang teliti memastikan kualitas tinggi kurma tetap terjaga.

Abdulhadi Suqeer, seorang ahli Saudi dalam budidaya dan pelestarian kurma, mengatakan kepada Arab News: “Shannah memiliki sejarah yang kaya sejak sekitar 400 tahun yang lalu. Cara kuno ini menjadi sarana bagi warga AlUla untuk menjamin ketahanan pangan sepanjang tahun.

“Belakangan ini, dengan menyadari pentingnya budaya kurma, Komisi Kerajaan untuk AlUla telah mengambil langkah untuk menghidupkan kembali warisan ini, memperkenalkan generasi baru pada cara kuno melestarikan kurma,” tambahnya.

Shannah terkait erat dengan geografi dan budaya AlUla.



“Dibuat dari kulit kambing atau domba, shannah mengalami proses pembersihan, penyamakan, dan persiapan yang cermat, menggunakan bahan seperti jeruk nipis untuk menjaga kelenturannya,” jelas Saqeer.

Dahulu, masyarakat AlUla menyimpan hasil panennya di berbagai wadah, antara lain Al-Jassah yang terbuat dari kapur atau gipsum dan Al-Majlad yang terbuat dari daun palem hijau.

Namun, Saqeer berkata, “Metode 'shannah' memberikan rasa yang unik pada kurma, menghindari zat-zat yang tidak alami. Beberapa bahkan menambahkan rasa seperti mint, daun jeruk, atau kemangi untuk meningkatkan pengalaman aromatiknya.”

Shannah terutama digunakan untuk menyimpan satu jenis kurma tertentu yang dikenal sebagai Al-Helwa Al-Hamra, (kurma merah manis), yang memiliki kandungan molase dan gula rendah, sehingga memberikan warna merah yang berbeda pada kurma.

Proses penyimpanan alami memastikan kurma shannah mempertahankan rasa, aroma, dan aroma aslinya, terutama bila dikonsumsi dengan mentega domba atau ghee alami.



Rasa unik dan makna budayanya membuat kurma ini sangat dicari, dan satu shannah kurma bisa mencapai SR1,500 ($400).

“Ada upaya individu yang dilakukan oleh beberapa petani di AlUla untuk mempromosikan shannah sepanjang tahun, namun kita perlu memiliki platform pemasaran yang diadopsi oleh komisi atau entitas mana pun yang tertarik dengan jenis makanan ini,” Suqeer menyimpulkan.

Festival Kurma AlUla

Arab News melaporkan demonstrasi proses shannah merupakan puncak dari Festival Kurma AlUla tahunan, yang memberikan pengunjung pengalaman langsung dalam mengawetkan kurma dengan cara yang unik ini.

Sejalan dengan tujuan Visi Saudi 2030, Komisi Kerajaan untuk AlUla mendukung pengembangan pariwisata di provinsi tersebut. Hal ini termasuk kebangkitan industri kuno seperti shannah, yang melibatkan masyarakat lokal dalam mencapai tujuan komisi tersebut.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)