Rachel Shapiro: Kisah Aktivis Solidaritas Yahudi Pro-Palestina

Minggu, 03 Maret 2024 - 19:15 WIB
loading...
A A A


Ketika saya gemetar, marah dan muak, komentar terakhir saya adalah, “Kamu jelas-jelas seorang anti-Semit.”

Hingga titik interaksi ini, dia bersikap merendahkan dan penuh penghinaan, tetapi (seperti yang saya tahu) tembakan terakhir ini membuatnya marah besar. Saat saya berbalik dan berjalan pergi, dia memekik: “Apa yang kamu katakan kepadaku?”

Seorang teman saya baru-baru ini mengatakan kepada saya, “Jerman tidak akan pernah memaafkan orang-orang Yahudi atas Holocaust.” Kata-kata ini terngiang-ngiang di telinga saya dan melekat di dada saya tanpa tujuan tertentu, sebuah kebenaran yang pahit dan buruk di inti masyarakat Jerman yang secara persis mencerminkan pengalaman saya tinggal di dalamnya. Ini membingungkan, lucu, dan akurat.

Mulai dari kelompok neo-Nazi di AfD hingga kelompok sayap kiri “anti-Deutsche” yang mengklaim memerangi anti-Semitisme Jerman dengan mendukung Zionisme secara obsesif dan tanpa syarat, banyak warga Jerman saat ini yang dipenuhi dengan kemarahan yang terpendam terhadap orang-orang Yahudi.

Disadari atau tidak, hal ini terlihat jelas dalam kemunafikan yang mendalam dan histeris dari sebuah reaksi seperti yang dilakukan oleh pria yang ikut demonstrasi – meludahi wajah orang Yahudi karena menentang fasisme dan genosida atas dasar pemikiran pribadinya, hubungan generasi dengan fasisme dan genosida dan menjadi marah karena diidentifikasi sebagai anti-Semit.

Kemarahan ini nampaknya merupakan reaksi terhadap “ketidakadilan” masyarakat Jerman yang harus bertobat atas tindakan nenek moyang mereka, sesuatu yang telah dirayakan secara luas di panggung global.



Kebencian ini berbentuk kepicikan dan kefanatikan: Satu-satunya konsep Yudaisme, masyarakat Yahudi, dan “kehidupan Yahudi” yang dapat diterima adalah konsep yang mereka sendiri, sebagai orang Jerman non-Yahudi, secara eksplisit setujui.

Hal ini mengacu pada “komisioner anti-Semitisme” yang mengaku mewakili kepentingan orang-orang Yahudi di Jerman – tidak ada satupun dari mereka adalah orang Yahudi atau ahli dalam bidang yang relevan atau terkait.

Bagi banyak orang Jerman, satu-satunya Yudaisme yang cocok adalah Zionisme , yang sebenarnya sama sekali bukan jenis Yudaisme. Ketika dipaksa untuk menghadapi perspektif yang bertentangan dengan narasi beracun ini atau dengan pandangan Yahudi yang tidak sejalan dengan pemahaman mereka tentang hal tersebut, kemarahan mereka muncul dengan hebat dan meledak-ledak.

“Anti-Deutsche” mempersenjatai fetisisasi orang-orang Yahudi melalui Zionisme mereka yang obsesif hingga tingkat yang ekstrem, memelopori kebencian yang agresif dan kampanye fitnah terhadap mereka yang tidak memiliki pandangan yang sama (termasuk orang-orang Yahudi yang anti-Zionis).

Beraninya siapa pun, terutama orang Yahudi, mempertanyakan otoritas Jerman dalam mendefinisikan dan berhubungan dengan Yudaisme, anti-Semitisme, dan genosida.

Kolaborasi yang buruk selama puluhan tahun antara Israel dan Jerman dan pernyataan yang meluas bahwa keamanan Israel adalah “alasan negara Jerman” (“Staatsraeson”), yang menjunjung tinggi sosialisasi Zionis demi kepentingan politik dan tujuan rasis, telah menciptakan suasana ketakutan, rasa malu, bersalah, dan pada akhirnya rasa merasa benar sendiri yang merasuki sebagian besar masyarakat Jerman.



Hal ini menghukum pertanyaan, menghalangi pendidikan dan membatalkan pemahaman yang diperlukan tentang Yudaisme sebagai budaya diaspora yang luas, berbeda dan historis yang sudah ada jauh sebelum Zionisme – dan akan ada jauh setelahnya.

Penunjukan semua orang Yahudi dan semua Yudaisme sebagai satu kesatuan yang seragam, yang harus berbicara dalam bahasa yang sama (Ibrani modern), menganut nilai-nilai yang sama (Zionisme) dan berbagi budaya yang identik (yang di Jerman, harus ditentukan oleh orang Jerman), adalah, pada kenyataannya, definisi yang tepat dari segregasi rasial anti-Semit, Nazistis, dan retorika tidak manusiawi lainnya yang mereka gunakan untuk mendukung hal tersebut.

Konsepsi yang kaku dan anti-Semit tentang orang-orang Yahudi sebagai masyarakat “asli” yang tidak terdiferensiasi di satu negeri, yang dicirikan oleh gerakan Zionis kolonial-kolonialis, hanyalah kelanjutan dari pekerjaan Hitler.

Hal ini telah menghapus Yudaisme sekuler di Eropa. Ia telah menghapuskan bahasa Yiddish, Ladino, Yudeo-Arab, Yudeo-Persia dan bahasa Ibrani lainnya.

Delapan puluh tahun setelah Holocaust, mereka berhasil mempertahankan pandangan terhadap orang-orang Yahudi sebagai sebuah monolit, sebuah gangguan asing yang terpisah dari masyarakat Jerman, yang upaya pemusnahannya kini dapat dieksploitasi untuk membenarkan pemusnahan kelompok lain.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2691 seconds (0.1#10.140)