Apa yang Dimaksud dengan Haji Ifrad? Simak Penjelasan dan Dalilnya

Rabu, 08 Mei 2024 - 14:33 WIB
loading...
Apa yang Dimaksud dengan Haji Ifrad? Simak Penjelasan dan Dalilnya
Haji ifrad merupakan jenis ibadah haji di mana seseorang melakukan haji terlebih dahulu, kemudian melakukan umrah secara terpisah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Haji ifrad merupakan jenis ibadah haji di mana seseorang melakukan haji terlebih dahulu, kemudian melakukan umrah secara terpisah. Dalam haji ifrad, umrah tidak dilakukan bersamaan dengan haji. Seorang Muslim yang melakukan haji ifrad akan berada dalam keadaan ihram hingga tahalul pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Alasan beberapa orang memilih untuk melakukan haji ifrad adalah karena keistimewaannya, seperti kesederhanaan, kecepatan, fleksibilitas, dan menghindari kewajiban tambahan. Namun, keputusan untuk melaksanakan haji ifrad harus didasari oleh pemahaman yang baik akan ajaran agama serta kesiapan fisik dan mental yang memadai.

Dalil Haji Ifrad

Pelaksanaan ibadah dalam Islam haruslah bersumber dari Al-Qur’an dan hadis . Haji ifrad memiliki dasar pelaksanaan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh perawi hadis sahih, seperti yang terdapat dalam kitab HR Bukhari dan Muslim. Hadis ini menjelaskan tentang peristiwa ketika Rasulullah SAW melakukan haji ifrad dan juga memberikan pedoman tentang pelaksanaannya.

Perbedaan Haji Ifrad, Tamatuk, dan Qiran

Setelah memahami konsep haji ifrad, penting untuk mengetahui perbedaannya dengan jenis haji lainnya, seperti haji tamatuk dan haji qiran. Perbedaan mendasar antara ketiganya terletak pada cara pelaksanaannya. Haji ifrad dilakukan secara terpisah dengan umrah, sementara haji tamatuk dimulai dengan umrah terlebih dahulu. Di sisi lain, haji qiran merupakan kombinasi antara niat haji dan umrah dalam satu ihram, dan pelaksanaannya dilakukan pada bulan haji.

Niat Haji Ifrad

Niat merupakan bagian penting dari pelaksanaan ibadah haji ifrad. Nabi Muhammad SAW mengenalkan niat haji ifrad saat beliau sendiri sedang melaksanakan haji. Oleh karena itu, memahami niat haji ifrad dengan baik adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

نَوَيْتُ الحَجَّ وَأَحْرَمْتُ بِهِ لِلَّهِ تعَالَى


Artinya: “Aku niat haji dengan berihram karena Allah ta'ala.”

Tata Cara Haji Ifrad

Pelaksanaan haji ifrad melibatkan serangkaian tata cara yang harus diikuti dengan penuh kesungguhan. Mulai dari melakukan tawaf qudum dan salat di belakang makam Nabi Ibrahim hingga menjaga diri dalam kondisi berihram dan tidak melakukan hal-hal yang diharamkan. Setelah menyelesaikan rangkaian ibadah, jemaah dapat melepas pakaian ihram dan menggunakan pakaian lain. Bagi yang ingin melakukan umrah lagi, cukup mengambil baju ihram dan melanjutkan prosesnya.

Persiapan dan Biaya

Menjalani ibadah haji ifrad membutuhkan persiapan matang, terutama dalam hal keuangan. Biaya yang diperlukan untuk melaksanakan haji tidaklah murah, meliputi penerbangan, akomodasi, visa, perlengkapan ibadah, dan biaya selama berada di tanah suci. Oleh karena itu, memiliki tabungan yang mencukupi sangatlah penting untuk menjalani ibadah haji dengan tenang.

Dengan memahami dengan baik apa itu haji ifrad, perbedaannya dengan jenis haji lainnya, tata cara pelaksanaannya, serta persiapan yang diperlukan, diharapkan pembaca dapat lebih siap dan mempersiapkan diri dengan baik jika berniat untuk melaksanakan ibadah haji ifrad.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)