Profil Presiden Iran Ebrahim Raisi: Meniti Karir dari Dunia Peradilan

Selasa, 21 Mei 2024 - 12:03 WIB
loading...
Profil Presiden Iran Ebrahim Raisi:  Meniti Karir dari Dunia Peradilan
Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei (kiri) dan Presiden Ebrahim Raeisi. Foto: Press TV
A A A
Presiden Iran Ebrahim Raisi , Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan dua pejabat lainnya dinyatakan tewas setelah helikopter yang mereka tumpangi jatuh di pegunungan barat laut Iran pada hari Minggu, 19 Mei 2024.

Peristiwa itu terjadi di Provinsi Azerbaijan Timur setelah Presiden Raeisi dan delegasi pendampingnya kembali setelah meresmikan dua bendungan hidrolik di perbatasan dengan Azerbaijan.

Puing-puing helikopter ditemukan oleh tim penyelamat darurat pada Senin dini hari di hutan lebat yang terletak antara kota Varzaqan dan Jolfa di provinsi Azerbaijan Timur.

Pir-Hossein Koulivand, kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (IRCS), mengumumkan dalam pidatonya di televisi bahwa tidak ada tanda-tanda kehidupan ditemukan di helikopter yang jatuh tersebut, sehingga mengakhiri semua harapan para korban yang selamat.



Siapakah Ebrahim Raisi?

Press TV melansir, Ebrahim Raisi lahir pada 14 Desember 1960, di kota Masyhad di barat laut Iran.

Ia naik pangkat menjadi salah satu tokoh politik paling penting di Republik Islam Iran, memegang banyak posisi penting, termasuk kepala kehakiman, sebelum mengambil alih kepemimpinan.

Dari tahun 2004 hingga 2014, Raisi menjabat sebagai wakil ketua hakim Iran dan dikenal karena pendekatannya yang adil dan manusiawi, yang membuatnya mendapatkan banyak pengagum di seluruh negeri.

Pada tahun 2014, ia diangkat menjadi Jaksa Agung negara tersebut, posisi yang dijabatnya hingga tahun 2016.

Dia kemudian menjadi penjaga tempat suci Imam Reza, Imam Syiah kedelapan, di kampung halamannya Masyhad. Sebagai penjaga kuil, dia menyelesaikan pekerjaan yang belum pernah dilakukan para pendahulunya.

Penunjukannya yang paling menonjol terjadi pada Maret 2019 ketika Pemimpin Revolusi Islam, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, memilihnya untuk memimpin peradilan Iran.

Ia menggantikan Sadeqh Amoli Larijani yang diangkat menjadi Ketua Dewan Kemanfaatan.

Sebagai kepala peradilan Iran, Raisi memprakarsai kampanye melawan korupsi dalam sistem dan memberlakukan undang-undang untuk melindungi perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga.



Popularitasnya meningkat pesat selama masa jabatannya sebagai kepala peradilan Iran, yang membuka jalan bagi peran politiknya – sebagai kepala eksekutif.

Serangan Politik

Raisi adalah cendekiawan Islam terkemuka. Ia menjabat sebagai anggota Majelis Ahli dari provinsi Khorasan Selatan dan pertama kali dipilih dari sana pada pemilu tahun 2006.

Pada tahun 2016, ia menjadi wakil ketua Majelis Ahli, sebuah badan Konstitusi yang bertanggung jawab mengangkat Pemimpin Revolusi Islam. Ayatollah Jannati mengepalai badan tersebut.

Raisi menjadi terkenal di Iran dan di seluruh dunia Muslim pada tahun 2017 ketika ia mencalonkan diri sebagai kandidat populer dalam pemilihan presiden melawan Presiden Hassan Rouhani.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2579 seconds (0.1#10.140)
pixels