Iran Siap Gelar Operasi Janji Sejati II: Sengaja Diulur, Menunggu Israel Lengah

Rabu, 21 Agustus 2024 - 16:28 WIB
loading...
Iran Siap Gelar Operasi...
Rudal balistik permukaan-ke-permukaan Iran. Foto/Ilustrasi: Press TV
A A A
Aksi pembalasan Iran kepada Israel atas pembunuhan Pimpinan Hamas , Ismail Haniyeh , pasti akan dilakukan. Analis militer menyebut 'Operasi Janji Sejati II’ ini akan membawa beberapa implikasi strategis dan menghadirkan berbagai skenario kepada para pengambil keputusan di Teheran.

"Skenario ini bergantung pada pemilihan target di wilayah pendudukan Palestina dan kemampuan militer Iran yang diketahui dan tidak diketahui,"tulis Pouriya Kousheshiyan, analis dan penulis urusan militer Iran, dalam artikelnya berjudul "'True Promise II': Iran’s retaliation against Israel not a matter of ‘if’, but ‘when’ and ‘how’" sebagaimana dilansir Press TV, Selasa 21 Agustus.

Menurutnya, faktor pendorong utama di balik tindakan balasan Iran adalah pemulihan pencegahan, balas dendam atas pembunuhan Haniyeh yang terjadi di wilayah Iran, dan pukulan telak lainnya terhadap rezim Israel dan aparat militernya.



Penundaan dalam janji pembalasan – sudah tiga minggu sejak pembunuhan Haniyeh – bisa jadi merupakan strategi yang disengaja dirancang oleh para pemimpin Iran, untuk membuat rezim Tel Aviv dan sekutunya lengah, sehingga melemahkan kekuatan, moral, dan peralatan mereka.

Pouriya Kousheshiyan mengatakan mengingat pembunuhan Ismail Haniyeh terjadi di wilayah Iran, setiap serangan balasan yang dilakukan Iran terhadap entitas tidak sah Zionis tersebut kemungkinan besar berasal dari dalam negeri Iran.

Israeil Terkepung

Koordinasi dengan anggota Poros Perlawanan lainnya juga sangat mungkin terjadi, dengan adanya potensi pembagian tugas pada awal serangan, yang diyakini banyak orang akan bersifat campuran.

"Sebelum pembunuhan pemimpin Hamas di Teheran, rezim Israel membunuh seorang komandan senior Hizbullah di Beirut dan juga melakukan pemboman mematikan di Hudaydah Yaman," kata Pouriya Kousheshiyan.

Baik Hizbullah maupun militer Houthi Yaman juga berjanji untuk memberikan pelajaran kepada rezim Israel.



Menurut Pouriya Kousheshiyan, karena transfer pengetahuan dan kemampuan militer Iran kepada sekutu regionalnya, kita mungkin menyaksikan gangguan dan serangan magnetis oleh Hizbullah, serangan pesawat tak berawak oleh kelompok perlawanan di Irak, dan peluncuran rudal balistik jarak jauh dari Yaman terhadap wilayah yang dikuasai Israel.

Meskipun Israel dan sekutu-sekutunya, termasuk Amerika Serikat , Inggris , Prancis, Yordania , dan mungkin NATO, tetap waspada, mereka mungkin tidak mampu mempertahankan diri dari serangan ribuan rudal jelajah jarak menengah dan rudal balistik jarak jauh Iran.

Selain itu,lanjutPouriya Kousheshiyan, armada drone Iran yang hemat biaya dan efisien dapat melewati sistem pertahanan rezim Israel, Amerika Serikat, Yordania, Arab Saudi, dan Mesir seperti yang kita lihat dalam ‘Janji Sejati 1’.

Lebih jauh lagi, potensi akuisisi rudal balistik antarbenua hipersonik oleh Yaman dapat berfungsi sebagai platform penting bagi Poros Perlawanan untuk menunjukkan kekuatan militernya melawan Israel dan sekutunya.

Pouriya Kousheshiyan menyebut Yaman tampaknya sedang mempersiapkan serangan rudal paling besar dalam sejarah kawasan, menggunakan rudal hipersonik Fatah 2. "Rudal-rudal ini, dengan kemampuan uniknya, dapat menghancurkan infrastruktur ekonomi Israel dan secara signifikan mengganggu kemampuan militer tentara Israel," katanya.



Selain itu, rudal Fatah sepenuhnya mampu menghancurkan instalasi dan pangkalan militer bawah tanah Israel yang dibentengi dan banyak digembar-gemborkan.

Kepemimpinan Iran di masa lalu telah dengan jelas dan tegas memperingatkan bahwa jika Israel melakukan kesalahan terhadap Iran, rudal akan ditembakkan langsung ke Haifa dan Tel Aviv.

Tampaknya Israel telah melewati garis merah tersebut, menjadikan kota-kota ini, bersama dengan fasilitas militer dan intelijen utama, termasuk Pelabuhan Haifa, perusahaan manufaktur pertahanan Rafael, pangkalan udara, dan Bandara Internasional Ben Gurion, sebagai target yang sah bagi Iran dan Poros Perlawanan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2850 seconds (0.1#10.140)