Surat al Kahfi Full Ayat 1-110, Arab, Latin dan Terjemahannya

Senin, 08 Juli 2024 - 18:51 WIB
loading...
Surat al Kahfi Full...
Surat al Kahfi full ayat 1-110. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Surat al Kahfi full ayat 1-110 bisa dilihat di sini . Surat Al-Kahfi adalah surat yang memiliki banyak keistimewaan. Surat ke-18 dalam Al-Qur'an ini diturunkan di Makkah terdiri dari 110 ayat.

Salah satu keistimewaan Al-Kahfi di dalamnya terdapat kisah para Nabi dan orang saleh. Di antaranya, kisah tujuh pemuda penghuni gua (Ashabul Kahfi) dan seekor anjing yang tinggal selama 309 tahun menurut kalender Hijriyah atau 300 tahun menurut kalender Masehi.

Kemudian, kisah pemilik kebun (Ayat 32-44). Kisah pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidir 'alaihis salaam (Ayat 60-82) atau dikenal dengan ujian ilmu. Dan Kisah Raja Dzulqarnain dan Ya'juj Wa Ma'juj (ayat 83-98).

Hadis-Hadis Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Berikut beberapa Hadis keutamaan membaca Surat Al-Kahfi pada malam dan Hari Jumat :



1. Diberikan Cahaya

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ

"Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi saat malam Jumat, jadi dipancarkan sinar untuk dia sejauh pada dianya dia serta Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi 3273. Juga diriwayatkan oleh al-Nasai serta Al-Hakim)

2. Sebagai Kafarat Dosa Antara Dua Jumat

“من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة قبل أن يخرج الإمام كانت له كفارة ما بين الجمعة، وبلغ نوره البيت العتيق”

"Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat sebelum keluar imam, dikafarahkan dosanya antara Jumat dan disampaikan cahayanya hingga Baitil 'Atiq". (Hadis ini disebutkan oleh Khlid bin Ma'dan dalam Kitab Al-Mughni)

3. Aman dari Dosa Selama 8 Hari dan Aman dari Fitnah Dajjal

عن علي بن الحسين عن أبيه عن علي رضي الله عنه مرفوعًا: «من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة؛ فهو معصوم إلى ثمانية أيام من كل فتنة، وإن خرج الدجال؛ عصم منه»
“رواه الحافظ الضياء المقدسي في “المختارة

"Dari Ali bin Husain dari Ayahnya dari 'Ali radhiyallahu 'anhu, Hadis Marfu: Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka ia terpelihara hingga delapan hari dari tiap-tiap fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia terpelihara darinya. (Diriwayatkan oleh Al-Hafidh Muqaddisi dalam Kitab Al-Mukhtar)



4. Diberikan Cahaya Antara Dua Jumat

حديث أبي سعيد الخدري رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين»

"Hadis Abi Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi bersabda: Bahwa sungguh siapa saja yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya diberikan cahaya baginya di antara dua Jumat."

5. Diberikan Cahaya di Hari Kiamat dan Diampunkan Dosa

Yang dimaksud dosa-dosa di sini adalah dosa kecil. Sedangkan dosa besar harus melalui Taubat Nasuha.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

"Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat niscaya memancar cahaya di bawah kakinya hingga ke langit dan meneranginya pada hari Kiamat dan diampuni baginya antara dua Jumat."

6. Terpelihara dari Fitnah Dajjal

قَالَ: سَمُرَةُ بْنُ جُنْدُبٍ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:” مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ سُورَةِ الْكَهْفِ حِفْظًا لَمْ تَضُرْهُ فِتْنَةُ الدَّجَّالِ

"Berkata Samurah bin Jundub, bersabda Rasulullah: Siapa saja yang membaca sepuluh ayat Surat Al-Kahfi secara hafalan niscaya tidak memberi mudharat baginya oleh Dajjal".

Berikut ini Surat al Kahfi Full Ayat 1-110 .

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)