Derita Palestina, The Lancet: Jumlah Korban Tewas Sebenarnya 186.000 orang

Jum'at, 26 Juli 2024 - 06:09 WIB
loading...
A A A
Perspektif ini menjelaskan perilaku barbar dan keterlibatan negara-negara Barat dalam kejahatan yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina.



Selain mengungkap supremasi kulit putih, apa yang terjadi di Gaza juga menandakan degradasi peradaban yang mengklaim menjunjung tinggi kemanusiaan, keadilan, dan akal sehat.

Kegagalan untuk menerapkan aturan keadilan dan akuntabilitas menegaskan tidak hanya standar ganda dan kemunafikan Barat tetapi juga kemunduran tatanan yang dibangun oleh para pemenang Perang Dunia II, karena gagal menghentikan pertumpahan darah, genosida, ketidakadilan dan eksploitasi di Palestina dan negara-negara lain di dunia.

Memang benar, tatanan pasca-Perang Dunia II, yang diatur oleh kepentingan nasional yang sempit, monopoli pengambilan keputusan, dan penaklukan negara-negara kecil, tidak menjaga keamanan maupun perdamaian.

Sebaliknya, hal ini justru berkontribusi terhadap penyebaran peperangan, kejahatan, kelaparan, kemiskinan dan rasisme ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah umat manusia, sehingga membawa dunia ke ambang perang global yang dapat menyebabkan kehancuran besar dan kematian.

Sistem yang menurun ini telah menghalangi negara-negara yang mempunyai pengaruh peradaban yang signifikan dan kontribusi penting terhadap stabilitas, perdamaian dan kerja sama internasional, seperti India, Mesir dan Brasil, untuk menjadi anggota tetap dan memainkan peran utama dalam urusan internasional.



Sistem yang semakin merosot ini telah merampas hak dunia yang beragam dan terus berubah untuk mengupayakan tatanan yang lebih adil, seimbang, dan masuk akal, yang diatur oleh hubungan adil yang membangun perdamaian dan kerja sama internasional berdasarkan penolakan perang, pendudukan dan eksploitasi, serta menghormati martabat manusia, hak asasi manusia dan keadilan.

Keadaan ini telah membawa kita ke persimpangan jalan yang berbahaya: Kita harus mencari keadilan bagi semua orang atau menyerah pada hukum rimba; kita membangun kerja sama berdasarkan kesetaraan, penghormatan terhadap kedaulatan dan hak untuk menentukan nasib sendiri, atau kita terjerumus pada supremasi ras dan budaya, ketidakadilan dan eksploitasi.
(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)