Genosida Israel: 70.000 Bom Hujani Gaza, Sebagian Besar Buatan Amerika

Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:01 WIB
loading...
Genosida Israel: 70.000...
Kerusakan yang diakibatkan oleh serangan Israel terhadap sekolah yang menampung pengungsi di Kota Gaza pada 10 Agustus 2024. Foto: Al Jazeera
A A A
Organisasi advokasi Yahudi sayap kiri anti-Zionis Amerika, Jewish Voice for Peace, mengatakan Amerika Serikat tidak hanya membiarkan Israel melakukan genosida , tetapi juga secara aktif membantunya.

"Sudah saatnya embargo senjata diberlakukan. Kami menuntut diakhirinya sepenuhnya pendanaan, persenjataan, dan dukungan AS terhadap penindasan negara Israel terhadap warga Palestina ," ujar organisasi tersebut dalam sebuah posting di X.

Press TV melaporkan bertepatan dengan pengeboman sekolah al-Tabaeen oleh militer Israel di lingkungan Al-Daraj, Kota Gaza —yang menewaskan hampir 100 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak yang sedang salat subuh —AS mengumumkan paket militer terbarunya untuk Tel Aviv senilai USD3,5 miliar.

Laporan media juga merujuk pada penggunaan Bom Diameter Kecil GBU-39 buatan AS dalam pembantaian Israel di sekolah tersebut.



Hanya beberapa hari sebelum pengeboman, sekitar 1.000 bom GBU-39 telah dikirimkan ke Israel dalam dua tahap, bersama dengan 100.000 butir amunisi 7,62 mm.

GBU-39 adalah bom luncur berpemandu presisi seberat 250 pon yang diproduksi oleh Boeing, kontraktor militer Amerika yang berkantor pusat di Virginia. Menurut para ahli militer, bom ini memungkinkan pesawat tempur untuk melakukan banyak pengeboman dengan presisi tinggi.

Boeing memproduksi Joint Direct Attack Munitions (JDAM) dan bom GBU-39, dengan sebagian besar dipasok ke rezim Israel untuk digunakan melawan warga Palestina di Gaza.

Boeing mendapatkan kontrak senilai USD33 juta untuk Bom Diameter Kecil I (SDB-I), yang juga dikenal sebagai GBU-39, pada bulan November tahun lalu, setelah dua bulan genosida Israel di Gaza.

Bom-bom Israel yang dijatuhkan di sekolah tersebut, menurut laporan media yang mengutip otoritas pemerintah Gaza, masing-masing seberat 2.000 pon.

“Militer Israel telah membombardir hampir setiap inci wilayah Gaza dengan bom buatan AS. Pasukan Israel telah menjatuhkan lebih dari 70.000 bom di Gaza dalam sepuluh bulan terakhir — menjadikannya kampanye pengeboman paling mematikan di abad ke-21.”



Organisasi tersebut juga menyoroti “penargetan yang disengaja” oleh militer Israel terhadap semua kehidupan di Gaza, dengan mengatakan:

"Dalam 10 bulan terakhir, kami telah menyaksikan militer Israel secara sengaja menargetkan semua kehidupan di Gaza, termasuk sekolah, kamp pengungsi, rumah sakit, masjid, gereja, dan zona kemanusiaan yang ditunjuk."

Sebagaimana yang ditunjukkan dalam laporan, rezim Tel Aviv menggunakan bom GBU-39, MK-82, dan MK-84 untuk pertama kalinya dalam skala besar selama pengeboman Rumah Sakit Al-Ahli pada 17 Oktober 2023.

Pada bulan Mei lalu, analisis rekaman video mengungkapkan bahwa serangan udara yang menghancurkan di sebuah kamp yang menampung orang-orang terlantar di Rafah, Jalur Gaza selatan, kembali melibatkan bom GBU-39 buatan AS.

Pengeboman itu terjadi di dekat pangkalan logistik Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Tal al-Sultan, Jalur Gaza selatan, dan menewaskan puluhan orang.



Juga pada bulan Juni, serangan Israel terhadap sebuah sekolah PBB di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah, yang menewaskan beberapa warga Palestina, termasuk wanita dan anak-anak, juga dilakukan dengan menggunakan bom GBU-39.

Rekaman puing-puing, yang difilmkan oleh jurnalis Palestina Emad Abu Shawiesh dan kemudian dilaporkan oleh banyak media, menunjukkan sisa-sisa bom GBU-39 yang digunakan dalam serangan itu.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)