Azl: Cara Mengatur Keturunan Para Sahabat Nabi Muhammad SAW

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 09:31 WIB
loading...
Azl: Cara Mengatur Keturunan...
Azl adalah mengeluarkan mani di luar rahim ketika terasa akan keluar. Ilustrasi: Ist
A A A
Tujuan pokok perkawinan ialah demi kelangsungan jenis manusia. Sedangkan kelangsungan jenis manusia ini hanya mungkin dengan berlangsungnya keturunan. Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam sendiri sangat suka terhadap banyaknya keturunan dan memberkati setiap anak, baik laki-laki ataupun perempuan.

"Namun di balik itu Islam juga memberi perkenan (rukhshah) kepada setiap muslim untuk mengatur keturunannya itu apabila didorong oleh alasan yang kuat," jelasSyaikh Yusuf al-Qardhawi dalam bukunya yang diterjemahkan H. Mu'ammal Hamidy berjudul "Halal dan Haram dalam Islam" (PT Bina Ilmu, 1993).

Cara yang masyhur yang biasa dilakukan oleh orang di zaman Nabi Muhammad SAW untuk menyetop kehamilan atau memperkecil, yaitu azl atau mengeluarkan mani di luar rahim ketika terasa akan keluar.



Para sahabat banyak yang melakukan azl ketika Nabi masih hidup dan wahyu pun masih terus turun, yaitu seperti yang tersebut dalam riwayat di bawah ini:

"Dari Jabir ra ia berkata: kami biasa melakukan azl di masa Nabi SAW sedang al-Quran masih terus turun." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Di riwayat lain ia berkata: "Kami biasa melakukan azl di zaman Nabi SAW maka setelah hal demikian itu sampai kepada Nabi, beliau tidak melarang kami." (Riwayat Muslim)

Diriwayatkan juga, bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Nabi lantas ia berkata:

"Ya Rasulullah! Sesungguhnya saya mempunyai seorang hamba perempuan (jariyah) dan saya melakukan azl dari padanya, karena saya tidak suka kalau dia hamil dan saya ingin seperti apa yang biasa diinginkan oleh umumnya orang laki-laki, sedang orang-orang Yahudi bercerita: bahwa azl itu sama dengan pembunuhan yang kecil. Maka bersabdalah Nabi SAW: dusta orang-orang Yahudi itu! Kalau Allah berkehendak untuk menjadikannya (hamil), kamu tidak akan sanggup mengelakkannya." (Riwayat Ashabussunan)



Al-Qardhawi menjelaskan yang dimaksud oleh Nabi, bahwa persetubuhan dengan azl itu, kadang-kadang ada setetes mani masuk yang menyebabkan kehamilan sedang dia tidak mengetahuinya.

Di zaman pemerintahan Umar bin Khattab , dalam satu majlis orang-orang banyak berbincang masafah azl. Kemudian ada salah seorang laki-laki yang berkata: bahwa orang-orang Yahudi beranggapan, azl itu berarti pembunuhan yang kecil.

Kemudian Ali bin Abi Talib ra berkata: "Tidak dinamakan pembunuhan, sehingga mani itu berjalan tujuh tahap, yaitu: mula-mula sari tanah, kemudian menjadi nuthfah (mani), kemudian menjadi darah yang membeku, kemudian menjadi segumpal daging, kemudian daging itu dilengkapi dengan tulang-belulang, kemudian dililiti dengan daging dan terakhir menjadi manusia."

Lantas Umar menjawab: "betul engkau, ya Ali! Semoga Allah memanjangkan umurmu!"

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)