alexametrics

Ini Kunci Hidup Bahagia Menurut AA Gym

loading...
Ini Kunci Hidup Bahagia Menurut AA Gym
Dai yang juga Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar (AA Gym) memberi tips hidup bahagia. Foto/Istimewa
Dai yang juga Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar (AA Gym) memberi tips hidup bahagia dalam kajian Dhuha di Masjid As-Syarif, Kompleks Sekolah Islam Al-Azhar, BSD, Tangerang Selatan.

Aa Gym mengutip satu ayat dalam Alqur'an yang artinya: "Iblis berkata, 'Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka." (QS Al-Hijr: 39-40)

Kata Aa Gym, setan itu tidak berdaya jika bertemu orang yang ikhlas (mukhlis). Lawannya ikhlas itu adalah riya' atau menuhankan penilaian makhluk. Orang yang ikhlas itu tidak mengharap apa-apa kecuali diterima oleh Allah Ta'ala.



Kunci Hidup Bahagia:
1. Jangan Semua Ingin Diketahui Orang.
Ada orang punya handphone baru, sengaja dipamerin agar orang lain tahu. Yang lebih parah adalah pamer ibadah. Bangun jam 3 pagi langsung ambil handphone dan broadcast. "Bangun sahabatku ini sepertiga malam mustajab. Itu ngebangunin apa kasih tahu kita udah bangun?" Belajar boleh diperlihatkan, tapi lebih baik dirahasiakan. Sembunyikanlah amalan, rahasiankanlah ia.

2. Jangan Selalu Ingin Dilihat.
Untuk mengetahui kita riya' atau tidak itu bisa dicek ketika salat. Ketika dilihat orang, banyak yang akting. Padahal salat sendiri tidak karuan. Begitu juga kalau baca Qur'an kalau sendirian suaranya pelan. Giliran ada orang suaranya dikeraskan. Itu tujuannya agar dilihat orang.

3. Jangan Ingin Dipuji, Jangan Takut Dicaci.
Luqmanul Hakim ngajak anaknya ke pasar bawa keledai. Sampai di bukit ketemu sekelompok orang dibilang ini anak kurang ajar, Bapaknya disuruh menuntun. Di bukit kedua dibilang ini Bapak gak tahu diri anaknya disuruh menuntun. Sampai di bukit ketiga keledainya dinaiki berdua, orang-orang mengatakan keduanya tak tahu diri. Pas dituntun oleh keduanya dibilang tidak berpendidikan punya kedelai tapi tidak dinaikin.

Itulah penilaian orang. Kalau mau mendengarkan omongan manusia tak ada habisnya. Cukuplah Allah Ta'ala yang menilai. Kalau ingin bahagia jangan mau dipuji, jangan takut dicaci.

4. Jangan Ingin Diperlakukan Spesial.
Aa Gym bercerita pada zaman dulu pernah babak belur. Beliau mendapat undangan untuk ceramah. Ketika naik sepeda motor hendak parkir, satpamnya memerintahkan parkir di sebelah sana. Pas buka helm tetap gak ngefek. Aa Gym pun menyebut nama 'saya Abdullah Gymnastiar'. Kata tukang parkir, mau Abdullah, mau Abdurrahman ya parkirnya di sana. Saya akhirnya sadar, beginilah jadinya kalau ingin diperlakukan spesial. Orang yang ingin diperlakukan spesial tidak akan bisa bergaul dengan siapa saja.
5. Jangan Ingin Dibalas Budi.
Perlukah kita mengingat-ngingat jasa kebaikan kita? Tidak. Kalau orang tidak berterima kasih atas kebaikan kita gimana? Tidak apa-apa. Kita berbuat baik bukan agar diakui baik. Kita berbuat baik bukan agar orang berbuat baik. Allah Ta'ala berfirman: "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS Al-Baqarah: 195)

Demikian tausiyah singkat Aa Gym tentang tips hidup bahagia. Aa Gym menegaskan bahwa kunci kebahagiaan itu adalah hati yang ikhlas. Semoga kita bisa mengamalkannya.
(rhs)
cover top ayah
وَّاسۡتَغۡفِرِ اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا‌
Mohonkanlah ampunan kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. An-Nisa:106)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak