Setahun Genosida Israel: Begini Tahapan Operasi Houthi Melawan Israel, AS dan Inggris

Minggu, 13 Oktober 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Hal ini terbukti membawa bencana karena Houthi mulai menargetkan puluhan kapal setiap bulan dengan pesawat nirawak, rudal antikapal, dan rudal balistik, yang memperlihatkan kepada dunia persenjataan yang mengesankan yang diproduksi secara lokal.

Karena berlanjutnya kejahatan genosida Israel di Gaza, serta ancaman dan seruan Benjamin Netanyahu kepada Amerika Serikat untuk membantunya mencegah blokade, Houthi secara bertahap memperluas kegiatan operasionalnya dalam fase baru.

Pada tanggal 9 Desember 2023, negara di Jazirah Arab bagian selatan, yang berbatasan dengan Arab Saudi di utara, Oman di timur laut, dan Samudra Hindia di selatan, menyatakan semua kapal yang menuju entitas Zionis sebagai target militer yang sah dan memperluas operasi dari Laut Merah selatan ke Bab-el-Mandeb sebagai bagian dari fase baru.



Meskipun koalisi angkatan laut yang dipimpin oleh AS dan Inggris dibentuk pada bulan Desember, yang juga meluncurkan serangan rudal besar-besaran ke posisi darat Yaman pada pertengahan Januari, perlawanan tetap teguh.

Houthi tidak hanya tidak menghentikan serangan tetapi menggandakannya, selanjutnya menyatakan kepentingan Amerika dan Inggris sebagai target militer dan memperluas serangan ke Teluk Aden pada fase ketiga.

Pada pertengahan Maret, total 73 kapal telah menjadi sasaran, ketika perluasan operasi baru ke Laut Arab dan Samudra Hindia diumumkan, termasuk kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel yang mengarungi perairan terakhir di sekitar Tanjung Harapan.

Pada bulan berikutnya, serangan pertama di Laut Arab dilakukan, sekitar 600 km dari pantai Yaman, menjadikannya serangan Houthi terjauh yang pernah tercatat saat itu.

Pada awal Mei, pejabat tinggi Houthi mengumumkan bahwa jika Israel menginvasi kota Rafah Palestina di Gaza selatan, operasi angkatan laut balasan tahap keempat akan diberlakukan.



Ditegaskan bahwa semua kapal dan perusahaan, terlepas dari kebangsaan dan tujuannya, yang melanggar sanksi yang diberlakukan Houthi yang melarang penggunaan pelabuhan Palestina yang diduduki di pantai Mediterania akan menjadi sasaran di area mana pun dalam jangkauan Houthi.

Tahap kelima diumumkan pada 19 Juli, bertepatan dengan keberhasilan serangan pesawat nirawak di Tel Aviv, ketika ditegaskan bahwa Yaman akan mengintensifkan serangan terhadap kepentingan Israel dan Amerika di Samudra Hindia dan Laut Mediterania.

Pada hari yang sama, mereka mengonfirmasi bahwa jumlah kapal Israel, Amerika, dan Inggris yang menjadi target telah mencapai 170, seraya menambahkan bahwa operasi Houthi dilakukan dengan 25 rudal balistik dan jelajah, pesawat nirawak, dan kapal angkatan laut.

Angka ini telah meningkat dalam tiga bulan terakhir hingga hampir 200, dengan kasus terbaru pada hari Kamis ketika kapal tanker Inggris Cordelia Moon terkena serangan.

(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)