alexametrics

Doa Tidur yang Diajarkan Rasulullah SAW

loading...
Doa Tidur yang Diajarkan Rasulullah SAW
Inilah salah satu doa yang diajarkan Rasulullah SAW ketika hendak tidur. Foto Ilustrasi/Istimewa
Tidur merupakan satu di antara tanda-tanda kebesaran Allah Ta'ala yang patut disyukuri. Dalam urusan tidur ini Rasulullah SAW memberi kita teladan terbaik.

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan". (Surah Ar-Rum: 23)

Umat Islam tentu sangat familiar dengan doa "Bismika Allahumma ahya wa amut" (dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati). Selain doa itu, ada satu doa tidur yang diajarkan Rasulullah SAW.



Dai muda lulusan Universitas Al-Azhar Mesir, Al-Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf membeberkan doa Nabi tersebut saat kajian di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, belum lama ini.

"Kita kayaknya yakin banget kalau besok bakalan hidup. Kalau hendak tidur, jadikanlah doa ini sebagai kalimat terakhir ketika mau tidur," kata Habib Geys.

Berikut Lafaz Doa Hendak Tidur
اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِرَسُولِكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Allahumma aslamtu nafsi ilaika wa wajjahtu wajhi ilaika wa alja'tu dzahri ilaika wa fawwadhtu amri ilaika roghbatan wa rohbatan ilaika la malja-a wala manja minka illa ilaika amantu bi kitabikallazi anzalta wa birosulikallazai arsalta.

"Ya AIlah, aku berserah diri kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu dengan berharap-harap cemas, karena tidak ada tempat berlindung dan tempat yang aman dari azab-Mu kecuali dengan berlindung kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan aku beriman kepada Rasul-Mu yang telah Engkau utus."

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya Rasulullah SAW menyuruh seseorang ketika hendak tidur di waktu malam untuk membaca: 'Allahumma aslamtu nafsi ilaika wa wajjahtu wajhi ilaika wa alja'tu dzahri ilaika wa fawwadhtu amri ilaika roghbatan wa rohbatan ilaika la malja-a wala manja minka illa ilaika amantu bi kitabikallazi anzalta wa birosulikallazai arsalta'. Jika dia meninggal dunia pada malam itu, maka dia meninggal dalam kesucian diri (fitrah)."

Kata Habis Geys, siapa saja yang membaca doa ini sebelum tidur, maka akan mendapat dua kemuliaan, yaitu:
1. Kalau dia meninggal dunia akan dijadikan fitrah.
2. Ketika bangun tidur akan menjadi orang yang lebih baik.
(rhs)
cover top ayah
وَلَا تَسُبُّوا الَّذِيۡنَ يَدۡعُوۡنَ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ فَيَسُبُّوا اللّٰهَ عَدۡوًاۢ بِغَيۡرِ عِلۡمٍ ‌ؕ كَذٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ اُمَّةٍ عَمَلَهُمۡ ۖ ثُمَّ اِلٰى رَبِّهِمۡ مَّرۡجِعُهُمۡ فَيُنَبِّئُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ
Dan janganlah kamu memaki sesembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan. Demikianlah, Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan tempat kembali mereka, lalu Dia akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Al-An’am:108)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak