alexametrics

Qiyamul Lail, Ibadah yang Paling Dicintai Allah

loading...
Qiyamul Lail, Ibadah yang Paling Dicintai Allah
Pengajian malam Kamis di Ponpes Al-Fahriyah Tangerang (20/2/2020) membahas tentang keutamaan Qiyamul Lail. Foto/Rusman H Siregar
Dalam kajian Kitab Nashoihud-Diniyah karya Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, Kamis malam (20/2/2020) dibahas tentang keutamaan menghidupkan Qiyamul Lail.

Pengasuh Al-Hawthah Al-Jindaniyah Habib Ahmad bin Novel bin Jindan mengemukakan bahwa amalan yang paling mulia di sisi Allah Ta'ala adalah Qiyamul Lail. Qiyamul Lail ini merupakan ibadahnya para aulia dan ulama salafunas saleh.

Untuk diketahui, jalan menuju kepada Allah itu sangatlah banyak. Di antaranya dengan Qiyamul Lail dan akhlak yang baik. Selain itu, ada yang unggul dalam ibadah sosial, ada yang hebat dalam kedermawanan, ada yang berjuang untuk mendamaikan orang yang berselisih. Inilah ibadah-ibadah yang bisa mendapatkan ridha Allah.



"Namun, dari banyak kitab yang kita pelajari, dari banyak ibadah yang dicintai Allah ternyata ibadah Qiyamul Lail mendapat tempat mulia di sisi Allah Ta'ala," terang Habib Ahmad dalam ceramah singkatnya.

Qiyamul Lail ini dapat membentuk akhlak mulia. Ia juga akan menghidupkan hati sekaligus membersihkan segala kotoran yang ada di dalamnya. Orang-orang yang menghidupakan Qiyamul Lail juga disebut orang-orang yang senantiasa bersama Rasulullah SAW.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

"Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, 'Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Mereka memilih Allah daripada kenikmatan tidur di malam hari. Itulah ciri-ciri keluarga Nabi, ahlul bait dan para waliyullah, mereka tidak pernah meninggalkan ibadah Qiyamul Lail. Seperti Imam Ali Zainal Abidin yang dikenal dengan julukan ahli sujud. Setiap malamnya selalu dihabiskan untuk bermunajat kepada Allah.

Untuk diketahui, Qiyamul Lail adalah ibadah di waktu malam dengan mengerjakan salat-salat sunnah seperti salat sunnah Taubat, Tahajjud, Witir, Hajat dan lainnya. Amalan lainnya membaca Al-Qur'an, berzikir, istighfar dan berdoa.

Wallahu A'lam Bish-showab
(rhs)
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اجۡتَنِبُوۡا كَثِيۡرًا مِّنَ الظَّنِّ اِنَّ بَعۡضَ الظَّنِّ اِثۡمٌ‌ۖ وَّلَا تَجَسَّسُوۡا وَلَا يَغۡتَبْ بَّعۡضُكُمۡ بَعۡضًا‌ ؕ اَ يُحِبُّ اَحَدُكُمۡ اَنۡ يَّاۡكُلَ لَحۡمَ اَخِيۡهِ مَيۡتًا فَكَرِهۡتُمُوۡهُ‌ ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيۡمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

(QS. Al-Hujurat:12)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak