Kisah Sahabat yang Wafat Seorang Diri dan Kelak Dibangkitkan Sendirian

Kamis, 17 September 2020 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Pada suatu hari ia duduk menyampaikan sebuah Hadits, katanya: "Aku diberi wasiat oleh junjunganku ( Nabi Muhammad ) dengan tujuh perkara: (1) Disuruhnya aku agar menyantuni orang-orang miskin dan mendekatkan diri kepada mereka. (2) Disuruhnya aku melihat kepada orang yang di bawahku dan bukan kepada orang yang di atasku. (3) Disuruhnya aku agar tidak meminta sesuatu kepada orang lain. (4) Disuruhnya aku agar menghubungkan tali silaturahim. (5) Disuruhnya aku mengatakan yang haq walaupun pahit. (6) Disuruhnya aku agar dalam menjalankan agama Allah, tidak takut celaan orang. (7) Dan disuruhnya agar memperbanyak menyebut: La haula walaa quwwata illaa billah".

Sungguh, Abu Dzar hidup menjalani wasiat Nabi itu. Perjalanan hidupnya sesuai dengan wasiat itu, hingga ia pun menjadi hati nurani masyarakat dari ummat dan bangsanya. Berkata Imam Ali radhiyallahu anhu: "Tak seorang pun tinggal sekarang ini yang tidak memperdulikan celaan orang dalam menegakkan agama Allah, kecuali Abu Dzar ".

Hidupnya dibaktikan untuk menentang penyalahgunaan kekuasaan dan penumpukan harta. Untuk menjatuhkan yang salah dan menegakkan yang benar! Mengambil alih tanggung jawab untuk menyampaikan nasihat dan peringatan!

Subhanallah, demikian perjalanan hidup dan akhir hayat seorang sahabat mulia yang dikagumi Rasulullah صلى الله عليه وسلم . Semoga kita dapat mengambil iktibar dari beliau. Aamiin. ( )
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)