Nikmat Sakit dan Adab Menjalaninya

loading...
Nikmat Sakit dan Adab Menjalaninya
Sakit merupakan momen yang tepat untuk mengintropeksi diri dan membenahi segala kekurangan yang banyak diperbuat ketika sehat. Foto ilustrasi/ist
Salah satu kenikmatan hidup yang dirasakan manusia adalah hidup sehat. Nikmat sehat ini akan terasa besarnya, justru ketika mengalami sakit. Terlebih sakit yang susah untuk disembuhkan. Ketika sehat, kita jarang bersyukur padahal sehat adalah anugerah yang sangat besar dalam kehidupan.

Untuk itu, sangat penting menjadikan momentum sakit menjadi lebih berharga bukan sekedar keluhan, apalagi sampai berasumsi negatif tentang Allah Ta'ala. Seharusnya, jadikan sakit juga sebagai anugerah yang mampu mendatangkan manfaat dan hikmah.

Di antara bukti kesempurnaan Islam, Rasulullah Shallallahu alihi wa sallam menuntunkan adab-adab yang baik ketika seorang hamba tertimpa sakit. Sehingga, dalam keadaan sakit sekalipun, seorang muslim masih bisa mewujudkan penghambaan diri kepada Allah Ta'ala.

(Baca juga :Inilah Masjid Terbaik Bagi Muslimah)



Dalam kitab “al-Adab fid Din” Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali mencatat beberapa adab yang harus dilakukan oleh seseorang ketika menderita sakit, di antaranya:

1. Sebagai alarm untuk mengingat kematian

Mukmin sejati akan senantiasa mengingat kematian, sebab, hal itu akan mendorongnya pada kesadaran bahwa hidup tak boleh disia-siakan, sedetik pun, kecuali untuk kebaikan. Ketika merasakan sakit, semestinya manusia mampu menumbuhkan kesadaran bahwa sebelum menemui ajal, manusia harus memiliki persiapan bekal yang matang. Mengingat kematian diibaratkan seperti layaknya kita akan tidur, terpisah dari unsur duniawi.



(Baca juga :Bila Hijrah Terhalang Masa Lalu, Apa yang Harus Dilakukan?)
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
فَاصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعۡ مِنۡهُمۡ اٰثِمًا اَوۡ كَفُوۡرًا‌ۚ‏
Maka bersabarlah untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka.

(QS. Al-Insan:24)
cover bottom ayah
preload video