Menjadi Istri Penyayang Adalah Perintah Rasulullah

loading...
Menjadi Istri Penyayang Adalah Perintah Rasulullah
Perempuan yang penyayang adalah perempuan yang dikenal memiliki karakter mencintai dan mengasihi suaminya, serta mengerahkan segenap kemampuannya demi meraih ridha suami. Foto ilustrasi/ist
Dalam kehidupan berumah tangga selalu ada suka dan dukanya. Bahkan tak jarang kesalahan kecil bisa memicu perdebatan antar suami istri. Demi mencegah ketidakharmonisan suami-istri, Islam menganjurkan untuk memilih pasangan yang baik dan lemah lembut akhlaknya.

Misalnya, untuk calon istri, maka yang diutamakan dalam diri perempuan untuk dijadikan istri bagi pria-pria mukmin adalah yang taat terhadap syariat agama. Karena perempuan yang taat beragama, ia akan patuh dan tunduk kepada Allah Sang Khaliq dan akan menjaga akhlaknya pada suami.

Bagi perempuan, salah satu ciri istri saleha ialah penuh kasih sayang dan tidak mudah marah. Istri yang baik tidak cepat marah, terutama atas perbuatan salah yang mungkin sengaja maupun tidak sengaja dilakukan oleh suami. Sebab manusia memang tidak ada yang sempurna, pasti ada saja perbuatan salah yang dilakukannya.

(Baca juga :Kisah di Medan Perang yang Bikin Baper)



Insya Allah, tiada perempuan yang bertakwa kepada Allah akan berlaku kasar kepada suaminya kelak karena perempuan yang taat dan bertakwa kepada Allah sadar akan hak dan kewajibannya sebagai seorang istri.

Jika perempuan sudah sayang dan cinta kepada agamanya, Insya Allah dia akan sayang dan lembut pada suaminya. Seorang istri yang saleha tidak akan berbuat lalai terhadap apa-apa yang menjadi tanggung jawabnya. Senantiasa bersikap lemah lembut, bertutur kata yang baik dan terpuji, serta bersikap sopan dan santun terhadap suami.

Itulah sebabnya mengapa Islam menganjurkan untuk memilih calon pendamping hidup sesuai syariat agama, karena perempuan saleha adalah sebaik-baiknya perhiasan di dunia. Terlebih untuk membangun rumah tangga dalam Islam yang sakinah, mawadah warahmah.



(Baca juga :Pentingnya Mengajarkan Adab Makan Kepada Anak)
halaman ke-1 dari 5
cover top ayah
قُلۡ يٰعِبَادِىَ الَّذِيۡنَ اَسۡرَفُوۡا عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوۡا مِنۡ رَّحۡمَةِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ جَمِيۡعًا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ الۡغَفُوۡرُ الرَّحِيۡمُ
Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Az-Zumar:53)
cover bottom ayah
preload video