8 Tingkatan Neraka, Rasulullah Pernah Pingsan Saat Diberitahu Jibril

loading...
8 Tingkatan Neraka, Rasulullah Pernah Pingsan Saat Diberitahu Jibril
Tidak bermaksud untuk menakuti-nakuti, gambaran neraka dan tingkatannya ini adalah peringatan untuk kita mengambil pelajaran. Foto/dok gomuslim.co.id
Keadaan neraka (An-Naar) adalah adalah kebalikannya surga. Jika surga adalah tempat kekal yang penuh kenikmatan, maka neraka adalah tempat siksaan dan seburuk-buruk tempat dan penderitaan. Na'udzubillahi min dzalik!

Tidak bermaksud untuk menakuti-nakuti, gambaran neraka dan tingkatannya ini adalah peringatan untuk kita mengambil pelajaran. Rasulullahصلى الله عليه وسلم sendiri pernah jatuh pingsan ketika mendengar penjelasan Jibril tentang neraka dan penghuninya. (Baca Juga: Kisah Imam Abu Dawud 'Membeli' Surga dengan 1 Dirham)

Sebagaimana surga memiliki nama dan tingkatan, nerakajuga demikian. Berikut 8 tingkatan neraka yang diceritakan dalam Al-Qur'an.

1. Neraka Al-Hawiyah
Al-Hawiyah adalah neraka dengan api yang sangat panas. Diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari-harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Al-Hawiyah sebagai tempat tinggalnya. Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, tidak mau memakai jilbab (bagi wanita), memakai sutra dan emas (bagi lak- laki), mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan lain sebagainya. Dalam Al-Qur'an terdapat pada surah Al-Qori'ah ayat 8-11.



2. Neraka Jahim
Neraka Jahim adalah tempat penyiksaan atas orang-orang musyrik atau orang-orang yang menyekutukan Allah, maka sesembahan mereka akan datang untuk menyiksa mereka. Orang yang di dunia menyembah sapi (bangsa Hindu) maka sapi yang akan menyiksa orang itu. Orang yang menyembah patung berbentuk hewan, maka patung itu yang akan menyiksanya. Demikian selanjutnya. Syirik disebut sebagai dosa paling besar bagi Allah, karena syirik berarti menyekutukan Allah atau menganggap ada makhluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat Allah. Syirik dapat pula berarti menganggap ada Tuhan lain selain Allah. Dalam Al-Qur'an terdapat pada Surah As-Syu'araa, ayat 91 dan Surah As-Saffat.

3. Neraka Saqar
Ini adalah tempat untuk orang-orang munafik, yaitu orang-orang yang mendustakan (tidak mentaati) perintah Allah dan Rasulullah. Mereka mengetahui bahwa Allah sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, tetapi mereka meremehkan syariat Islam. Maka dibakar dalam api adalah hukuman untuk mereka. Nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an Surah Al-Muddatsir ayat 26-27, 42.

4. Neraka Lazha
Neraka yang apinya bergejolak dan mengelupaskan kulit kepalanya. Neraka ini diceritakan dalam Surah Al-Ma'aarij ayat 15-18.



5. Neraka Huthomah
Neraka ini disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang-orang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau bersedekah dan tidak mau pula membayar zakat. Mereka juga memasang wajah masam apabila ada orang miskin yang meminta bantuan. Maka Allah membalas dengan menyiksa mereka dengan cara menguliti dan mengelupaskan kulit muka mereka. Di dalam neraka Huthomah ini harta mereka dibawa dan dibakar untuk diminumkan sebagai siksa kepada manusia pengumpat pengumpul harta. Dalam Al-Qur'an terdapat pada surah Al-Humazah.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَالَّذِيۡنَ كَذَّبُوۡا بِاٰيٰتِنَا سَنَسۡتَدۡرِجُهُمۡ مِّنۡ حَيۡثُ لَا يَعۡلَمُوۡنَ
Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, akan Kami biarkan mereka berangsur-angsur menuju kebinasaan, dengan cara yang tidak mereka ketahui.

(QS. Al-A’raf:182)
cover bottom ayah
preload video