Zikir Ringan Namun Berat di Timbangan, Yuk Amalkan!

loading...
Zikir Ringan Namun Berat di Timbangan, Yuk Amalkan!
Zikir merupakan nutrisi bagi hati sebagaimana ikan membutuhkan air. Foto ilustrasi/Ist
Dalam satu riwayat yang sahih, Nabi صلى الله عليه وسلم pernah bersabda bahwa perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berzikir kepada-Nya ialah seperti orang hidup dan orang mati. Zikirmerupakan nutrisi bagi hati sebagaimana ikan membutuhkan air.

Betapa besarnya fadhillah (keutamaan) berzikir hingga Allah 'Azza wa Jalla memerintahkan kaum mukmin untuk mengamalkannya. Allah berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (QS Al-Ahzab Ayat 41-42)

Ada satu amalan zikir yang ringan diucapkan namun memiliki timbangan (pahala) yang berat. Kalimat zikir ini sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. (Baca Juga: Cukup Diucapkan, Amalan Ringan Ini Pahalanya Berlimpah)

حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ إِشْكَابٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ



Imam Al-Bukhari berkata telah menceritakan kepadaku Ahmad bin Isykab telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail dari 'Umarah bin Alqa'qa' dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah radliyallahu'anhu ia berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wasallambersabda: 'Ada dua kalimat yang disukai Ar Rahman (Allah Ta'ala), ringan di lisan dan berat di timbangan, yaitu Subhanallahi wa Bihamdihi Subhanallahil 'azhim'.

(Baca Juga: Ibarat Air Bagi Ikan, Zikir Adalah Nutrisi Bagi Hati)

Hadis ini menujukkan amalan ringan namun besar pahalanya yaitu mengucapkan zikir "subhanallahi wabihamdihi subhanallahil 'adzim". Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani berkata dikhususkan penyebutan nama Allah Ar-Rahman dalam hadis ini bertujuan untuk menunjukkan kepada manusia bahwa luasnya rahmat Allah. Dia memberikan balasan bagi amalan ringan dengan pahala yang sangat besar. (Fathul Bari Syarh Shahih Al-Bukhari)



سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Subhanallahi wa Bihamdihi Subhanallahil 'Azhim
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
اِنَّ هٰذِهٖ تَذۡكِرَةٌ ‌ۚ فَمَنۡ شَآءَ اتَّخَذَ اِلٰى رَبِّهٖ سَبِيۡلًا
Sungguh, (ayat-ayat) ini adalah peringatan, maka barangsiapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) tentu dia mengambil jalan menuju kepada Tuhannya.

(QS. Al-Insan:29)
cover bottom ayah
preload video