Memahami Tawassul yang Disyariatkan

loading...
Dalam ayat yang lain, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

قُلِ ادْعُوا الَّذِينَ زَعَمْتُمْ مِنْ دُونِهِ فَلَا يَمْلِكُونَ كَشْفَ الضُّرِّ عَنْكُمْ وَلَا تَحْوِيلًا(56أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَىٰ رَبِّهِمُ ٱلْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُۥ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُۥٓ ۚ إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ كَانَ مَحْذُورًا

“Katakanlah: “Panggillah mereka yang kamu anggap (tuhan) selain Allah, maka mereka tidak akan mempunyai kekuasaan untuk menghilangkan bahaya daripadamu dan tidak pula memindahkannya”(56) orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti.” (QS. Al-Isra': 56-57)

(Baca juga :Pollycarpus Dikabarkan Meninggal Dunia)Tawassul adalah bahasa arab yang benar-benar mempunyai makna yang dalam dan disebutka didalam Al-Qur’an sebanyak dua kali. Pada ayat pertama, Allah memerintahkan untuk mencari wasilah. Sedangkan pada ayat kedua Allah subhanahu wa ta’ala memuji orang-orang yang bertawassul dan menjelaskan kedudukan mereka yang agung disisi Allah subhanahu wa ta’ala.

(Baca juga :Anak Risma, Upload Kampanye Libatkan Anak Kecil dan Berjoged Tak Bermasker)

Tawassul adalah mencari kedekatan dari Allah subhanahu wa ta’ala dengan mengerjakan apa yang diperintahkan Allah subhanahu wa ta’ala baik amalan wajib ataupun amalan sunnah.

Masuk dalam perkara tawassul adalah amalan-amalan hati seperti rasa harap, rasa takut, sabar, bersyukur, tawakal, ini semua adalah amalan-amalan yang kalau kita kerjakan bisa mendekatkan diri kepada Allah. Terutama didalamnya alaman-amalan lisan seperti berdoa, berzikir, membaca Al-Qur’an, melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, maka ini adalah amalan-amalan baik yang dengannya bisa mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala

(Baca juga :Menlu Retno: Nilai Perdagangan dengan Swiss Meningkat di Saat Pandemi)

Wallahu A'lam

(wid)
halaman ke-2 dari 2
cover top ayah
وَمِنَ الَّيۡلِ فَسَبِّحۡهُ وَاَدۡبَارَ السُّجُوۡدِ
Dan bertasbihlah kepada-Nya pada malam hari dan setiap selesai shalat.

(QS. Qaf:40)
cover bottom ayah
preload video