Lantai Rumah Sering Dikencingi Anak Kecil? Begini Cara Mengatasi Najisnya

loading...
Lantai Rumah Sering Dikencingi Anak Kecil? Begini Cara Mengatasi Najisnya
Najis hukmiyyah adalah najis secara hukum sekalipun tidak dilihat oleh mata. Lantai tersebut dihukumi benda yang terkena najis. Foto ilustrasi/dok Quanta Kidz
Kehadiran anak kecil merupakan kebahagiaan bagi sebuah keluarga, sehingga rumah terasa menjadi lebih ramai. Di saat situasi seperti itu tidak jarang lantai-lantai rumah sering dikencingi anak kecil yang dihukumi najis.

Biasanya anak kecil berusia 3 tahun diajarkan tidak lagi menggunakan popok atau pampers sehingga rumah sering dikencingi anak-anak. Apabila keadaannya seperti itu, para orang tua harus memperhatikan bagaimana cara membersihkan air kencing agar tidak dihukumi najis. (Baca Juga: Wanita Keputihan Apakah Najis dan Membatalkan Wudhu?)

Ketika lantai-lantai rumah sering dikencingi anak kecil, tidak jarang air kencingnya hanya dilap saja, tanpa dibasuh dengan air dan menjadi mengering dengan sendirinya. Maka dalam hal ini bekas kencing itu masih dihukumi najis, yaitu najis hukmiyyah (najis secara hukum, sekalipun tidak dilihat oleh mata) dan lantai tersebut dihukumi benda yang terkena najis.

Lalu bagaimana hukumnya jika lantai yang statusnya masih bernajis itu diinjak oleh seseorang? Pertanyaan ini akan kita jawab dengan kaidah fiqih di bawah ini, yaitu:



الْجَافُّ طَاهِرٌ بِلاَ خِلَافٍ وَإِنْ كَانَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا رَطْبًا تَنَجَّسَ الطَّاهِرُ بِالآخَرِ

"Najis yang kering adalah suci tanpa ada khilaf di kalangan ulama, jika salah satu keduanya atau keduanya (benda suci dan benda najis) basah, maka benda yang suci akan menjadi mutanajjis (benda yang terkena najis) jika bersentuhan dengan benda najis tersebut.

Oleh sebab itu, ketika kaki seseorang dalam keadaan kering menginjak lantai itu, maka tidak menjadi masalah dalam kesucian kakinya. Namun, ketika kaki dalam keadaan basah kemudian menginjak lantai tersebut, maka kakinya dihukumi bernajis.



Kejadian ini menjadi masalah besar ketika seseorang yang baru keluar dari kamar mandi menyelesaikan wudhunya untuk salat. Dimana kakinya masih keadaan basah lalu menginjak lantai tersebut. (Baca Juga: 3 Macam Najis dan Cara Membersihkannya)
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
اِذۡ يَتَلَقَّى الۡمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الۡيَمِيۡنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيۡدٌ
(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.

(QS. Qaf:17)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video