Topik Terkait: Najis

  • Membedakan Jenis  Najis dan Cara Membersihkannya
    Muslimah
    Jum'at, 20 November 2020 - 17:57 WIB
    Sebagai muslim, jangan sampai karena tidak tahu, lantas menganggap kotoran biasa menjadi najis, atau menganggap sepele hal yang sebenarnya najis menurut syariat islam.
  • Cara Menyucikan Najis-Najis Sesuai Petunjuk Dalil
    Tips
    Senin, 18 Desember 2023 - 11:05 WIB
    Dalam Islam, najis adalah semua benda yang dihukumi kotor oleh syariat seperti bangkai,darah, nanah, kotoran dan sebagainya. Lantas bagaimana cara menyucikan najis tersebut berdasarkan dalil?
  • Macam-macam Najis yang Perlu Diketahui Umat Muslim, Lengkap dengan Cara Menyucikannya
    Tips
    Selasa, 12 September 2023 - 10:15 WIB
    Ada beberapa macam najis yang perlu diketahui umat Muslim. Tak hanya namanya yang berbeda, cara menyucikannya pun juga tidak sama. Apa saja jenisnya?
  • Hukum Berobat dengan Benda Najis Atau Zat Haram
    Tips
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:53 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum berobat dengan mengonsumsi obat atau zat yang haram. Bolehkah? Berikut penjelasannya.
  • Simak! Perbedaan Hadas dan Najis
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 18:45 WIB
    Hadas dan najis ternyata adalah dua perkara yang berbeda dalam Islam meski konteksnya sama - sama hal yang menggagalkan kesucian. Apa saja perbedaannya? Yuk Simak!
  • Benarkah Keputihan Termasuk Najis? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 17:59 WIB
    Benarkah keputihan (cairan putih yang sering dialami wanita) termasuk najis? Apakah juga bisa membatalkan wudu? Pertanyaan soal fiqih tersebut seringkali ditanya kaum muslimah.
  • 3 Macam Najis dan Cara Membersihkannya
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 19:12 WIB
    Menurut istilah syari, najis adalah segala kotoran yang menyebabkan seseorang terhalang untuk beribadah kepada Allah Taala. Berikut macam najis dan cara membersihkannya.
  • Hukum Pakaian yang Terkena Keputihan, Najis atau Tidak?
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 12:29 WIB
    Dalam Islam, keputihan atau ifrazat adalah lendir yang umumnya bening, keluar dari organ reproduksi wanita, namun bukan madzi dan mani, baik karena syahwat maupun ketika aktivitas normal.
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • Cara Membersihkan Pakaian Najis di Mesin Cuci
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 10:38 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum mencampur pakaian yang terkena najis di dalam mesin cuci. Apakah boleh mencampurnya dengan dengan pakaian lain?
  • Hukum Memakai Sandal Ketika Masuk ke Kamar Mandi
    Tips
    Rabu, 15 Juni 2022 - 09:47 WIB
    Bagaimana hukumnya memakai sandal ketika masuk ke kamar mandi? Mengingat saat ini, banyak sekali kita jumpai sandal-sandal yang disediakan khusus untuk ke kamar mandi, baik di masjid, di mal dan tempat-tempat lainnya.
  • Salat dalam Keadaan Darurat Najis, Ini Pendapat Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 22:12 WIB
    Jika seseorang dalam keadaan tidak bisa menghilangkan najis dari badannya, sementara waktu shalat hampir habis, apa yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Jangan Salah Paham, Ini Beda Hadas dan Najis
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 11:13 WIB
    Hadas dan najis adalah dua istilah yang sering kita dengar di setiap kajian ilmu thaharah (bersuci). Kedua istilah ini sering diartikan sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.
  • Kita yang Menebar Najis, Rasulullah SAW yang Membersihkannya!
    Tausiyah
    Senin, 04 November 2019 - 07:30 WIB
    Sangat menggugah hati analogi kisah yang dilukiskan oleh Imam Jalaluddin ar-Rumi dalam karyanya Al-Matsnawi ketika menggambarkan betapa kehadiran Rasulullah SAW sebagai rahmat bagi umat akhir zaman.
  • Hukum Memanfaatkan Kulit, Tulang, dan Rambut Bangkai
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 09:58 WIB
    Terdapat beda pendapat di kalangan ulama mengenai status kulit dari bangkai binatang. Ada yang mengatakan itu suci, sebaliknya ada yang menyatakan najis.
  • Ujung Pakaian Muslimah Menyapu Lantai, Najiskah?
    Muslimah
    Minggu, 10 September 2023 - 09:55 WIB
    Bagaimana hukumnya jika ujung kain dari gaun yang digunakan muslimah bersentuhan dengan tanah atau lumpur, sahkah salat yang dilakukan? Bagaimana juga cara membersihkan najis seperti itu?
  • Hukum Darah Istihadhah yang Penting Diketahui Kaum Muslimah
    Muslimah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 14:32 WIB
    Darah istihadhah atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas, sering dialami sebagian kaum wanita. Atau diartikan bahwa istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas.
  • Hukum Air Kencing yang Sudah Kering, Najiskah?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 14:35 WIB
    Apabila ada kencing anak kecil di kursi atau di lantai, tapi sudah kering. Apakah ketika kita duduk di kursi atau di lantai tersebut, pakaian dan kaki kita menjadi najis?
  • Perbedaan Mani, Wadi dan Madzi Berikut Cara Membersihkannya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:18 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui perbedaan antara Mani, Wadi dan Madzi yang sering dikira sama. Berikut perbedaannya dan cara membersihkannya.