Apakah Amal Bisa Mengubah Takdir?

Senin, 23 November 2020 - 13:30 WIB
loading...
Apakah Amal Bisa Mengubah Takdir?
Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia, Ustaz Farid Numan Hasan. Foto/dok idream
A A A
Ada pertanyaan menarik dari salah satu jamaah Ustaz Farid Nu'man Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) yang dipublikasikannya melalui web resminya. Jamaah ini bertanya tentang takdir (ketetapan) Allah Ta'ala.

Para sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم ketika dikabarkan oleh Nabi bahwa tidak ada sebuah jiwa kecuali telah diketahui tempatnya di dalam surga atau neraka, mereka bertanya: "Ya Rasulullah untuk apa kita beramal? Mengapa kita tidak pasrah saja? Nabi menjawab dengan jawaban ringkas: "Tidak demikian, akan tetapi beramallah kalian karna masing-masing akan dimudahkan melakukan apa yang dia diciptakan untuknya." (HR Al-Bukhari dan Muslim).

( )

Bagaimana maksud Hadis: "Dia dimudahkan melakukan apa yang dia diciptakan untuknya?"

Ustaz Farid Nu'man Hasan menjawabnya dengan singkat. Beliau menukil beberapa ayat Al-Qur'an . Perlu diketahui bahwa Allah Ta'ala punya kuasa penuh menuliskan rencana untuk hamba-Nya di Lauh Mahfuzh. Kemudian Dia juga punya kuasa penuh pula menghapuskan atau mengeksekusi rencana itu.

( )

Allah Ta'ala berfirman:
يَمۡحُواْ ٱللَّهُ مَا يَشَآءُ وَيُثۡبِتُۖ وَعِندَهُۥٓ أُمُّ ٱلۡكِتَٰبِ

"Allah berkuasa menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki. Dan di sisi-Nya terdapat ummul-Kitab (Lauh Mahfuzh). (QS. Ar-Ra'd, Ayat 39)

Maka, di sinilah letak pentingnya amal. Jangan terpaku pada takdir saja karena Allah Ta'ala berfirman:
وَتِلۡكَ ٱلۡجَنَّةُ ٱلَّتِيٓ أُورِثۡتُمُوهَا بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ

"Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal perbuatan yang telah kamu kerjakan." (QS. Az-Zukhruf, Ayat 72)

Dalam satu hadis, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Takdir yang akan menimpa seseorang tidak bisa ditolak kecuali dengan doa, umur seseorang tiada bertambah kecuali dengan melakukan kebaikan, dan rezeki (kebaikan) akan diharamkan kepada seseorang karena dosa yang dilakukannya." (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi)

(Baca Juga: Umar: Lari dari Takdir Allah, Menuju Takdir Allah yang Lain)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4551 seconds (0.1#10.140)