Canda Ala Sufi: Pengaruh Amoniak untuk Obat Malas

Senin, 07 Desember 2020 - 06:06 WIB
loading...
Canda Ala Sufi: Pengaruh Amoniak untuk Obat Malas
Nashruddin Hoja. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
SUATU saat, keledai Nashruddin tak mau naik ke gunung, sekalipun dia telah bersusah-payah memukulinya dengan tongkat. Melihat itu, teman Nashruddin memberinya resep untuk menghilangkan sifat malasnya itu, yaitu dengan mengoleskan amoniak pada tubuhnya. ( )

Nashruddin segera melakukan nasihat sahabatnya itu. Tak lama setelah obat itu dioleskan pada tubuhnya, keledai itu langsung lari dengan kencang sehingga Nashruddin pun tak mampu mengejarnya.

Setelah mencari kayu bakar dan hendak pulang, Nashruddin merasa sangat kelelahan. Dia lalu teringat pada obat untuk keledai yang diberikan temannya itu. Dia kemudian mengambil dan mengoleskan obat itu ke tubuhnya sendiri dengan sangat banyak. Apa yang dirasakan keledai itu kini juga dirasakan
Nashruddin. Dia kepanasan dan melompat-lompat sembari berlari dengan kencang; bak orang kesurupan. ( )

Nashruddin pun tiba di rumahnya, jauh lebih dulu ketimbang keledainya. Melihat Nashruddin lari kencang dan melompat-lompat seperti itu di depan rumah, istrinya terheran-heran dan berkata, "Celaka engkau, apa yang telah menimpamu?"

Nashruddin menjawab, "Tidak ada apa-apa, tapi jika engkau ingin mengejarku.oleskan saja sedikit obat ini pada tubuhmu." ( )

===
Dinukil dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra dan diterjemahkan oleh Muhdor Assegaf dengan judul " Canda Ala Sufi Nashruddin "
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3176 seconds (0.1#10.140)