Aa Gym: Cara Mengetahui Orang Jujur

Sabtu, 19 Desember 2020 - 14:32 WIB
loading...
Aa Gym: Cara Mengetahui Orang Jujur
Pengasuh Ponpes Daarut Tauhiid Bandung KH Abdullah Gymnastiar. Foto/dok daarut-tauhiid
A A A
Kejujuran adalah kebijaksanaan yang terbaik. Menurut istilah Bahasa Arab, jujur disebut dengan ash-Shidqu atau Shiddiq yang artinya berkata benar. Jujur termasuk salah satu sifat mulia badinda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Suatu hal yang wajar jika semua manusia menginginkan setiap orang bersikap jujur. Karena kondisi ini menjadi impian dan membuat orang tersebut dipercaya kehadirannya sebagai kemaslahatan kepada sesama.

(Baca Juga: Kisah Sang Raja dan Pemuda yang Jujur)

"Setiap kita sangat merindukan orang yang jujur tepercaya. Berusaha mengajak dan bertekad menjadi pribadi jujur itu suatu hal yang mulia," kata Pimpinan Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam Vlognya di YouTube, Senin (14/12/2020) yang disiarkan daaruttauhiid.org.

Apalagi krisis kepercayaan dan kejujuran kini terjadi di Indonesia. Menurut Aa Gym, betapa setiap orang membutuhkan pribadi yang jujur.

"Kita bisa melihat orang jujur dari kriteria ini, yaitu tenang, ringan tidak ada beban, konsisten, yakin dan jujur karena Allah. Setidaknya inilah modal dasar bagi kita untuk mengetahui pribadi orang tersebut. Ini juga bisa diaplikasikan bagi setiap pribadi kita," tutur Aa Gym.

(Baca Juga: Kisah Perempuan Jujur di Zaman Imam Ahmad Bin Hanbal)

Selain itu, Aa Gym menyampaikan kriteria yang sebaliknya. Bisa terdeteksi bahwa pribadi itu tidak jujur dan berdusta.

"Gampang saja jika kita melihat orang itu tidak jujur, yaitu gelisah, memiliki beban sehingga berdusta, inkonsisten, mengada-ada dan rekayasa keyakinan, serta tidak ingat Allah. Jika ini hadir pada diri kita, segeralah bertobat dan memperbaikinya," ujarnya.

Aa Gym juga mengingatkan bahwa hati, lisan, dan sikapnya sama dalam kebenaran. Berusaha dengan keras menjadi pribadi jujur. Karena dari sinilah, setiap kita akan menjadi hamba yang takut kepada Allah apabila berbuat salah.

(Baca Juga: Kisah Kejujuran Ka'ab Bin Malik yang Mengagumkan)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)