Ustaz Budi Ashari: 4 Fungsi Kisah dalam Al-Qur'an

loading...
Ustaz Budi Ashari: 4 Fungsi Kisah dalam Al-Quran
Ustaz Budi Ashari, pakar sejarah Islam menjelaskan fungsi kisah dalam Al-Quran. Foto/Ist
Mari kita buka Al-Qur'an kita bahwa sepertiga Al-Quran Al-Karim merupakan kisah. Bayangkan sepertiganya adalah kisah dan itu adalah sejarah sebelum Rasulullah Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam. Apa hikmah dibalik itu?

"Sepertiga kisah itulah yang telah membentuk Rasul dan para sahabat menjadi orang yang dihadirkan Allah di muka bumi sebagai "kuntum khairul ummah", generasi terbaik yang pernah dihadirkan Allah di muka bumi," kata Dai yang juga pakar sejarah Islam, Ustaz Budi Ashari dalam tausiyah yang disiarkannya melalui saluran Instagram.

(Baca Juga: 5 Kriteria Istri dalam Surah An-Nisa)

Ustaz Budi Ashari mengatakan, kisah memiliki peran yang sangat besar dalam umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Allah menurunkan kisah di setiap keadaan yang berbeda-beda. Kita dapat mengambil pelajaran saat Nabi صلى الله عليه وسلم memerlukan solusi baik untuk ketenangan jiwanya ataupun solusi bagi permasalahan yang menimpa para sahabatnya melalui kisah yang diturunkan dalam Al-Qur'an.

Berikut 4 Fungsi Kisah dalam Al-Qur'an:



1. Kisah Menunjukkan Keimanan
Jika kita mengisahkan Rasul umpamanya saat Rasul dalam peristiwa beliau dengan mukjizatnya membelah bulan yang diabadikan dalam Surat Al-Qomar. Ketika kita mengisahkan kisah ini dan membenarkannya maka kita mengimani apa yang telah terjadi.

2. Kisah Menjelaskan Sesuatu dengan Detail
Kisah merupakan nasihat yang sangat lembut dan sopan. Kita bisa menasehati seseorang dengan menceritakan kisah yang memberikan hikmah tertentu sesuai peristiwa yang sedang dialami.

3. Kisah Memberikan Petunjuk
Sejarah akan menjadi petunjuk jika kita memiliki masalah. Maka mari bertanya pada sejarah dan apa solusinya dan begitupun dalam mencari inspirasi.



4. Kisah Adalah Rahmat (Kasih Sayang) bagi orang Beriman
Allah Subhanahu Wa Ta'ala menunjukkan kasih sayang-Nya melalui sejarah yang kita baca di dalam Al-Qur'an. Kita bisa menjumpai bahwa hidup kita lebih baik dari banyak orang lain di muka bumi ini.

(Baca Juga: Rahasia Hidup Berkah, Ternyata Rasulullah SAW Tidur Sehari 3 Kali)
(rhs)
cover top ayah
وَمِنَ الَّيۡلِ فَسَبِّحۡهُ وَاَدۡبَارَ السُّجُوۡدِ
Dan bertasbihlah kepada-Nya pada malam hari dan setiap selesai shalat.

(QS. Qaf:40)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video