Apa yang Dapat Dikatakan dan Diajarkan tentang Sufisme?

Kamis, 31 Desember 2020 - 15:47 WIB
loading...
Apa yang Dapat Dikatakan dan Diajarkan tentang Sufisme?
Ilustrasi/Ist
A A A
Pertanyaannya bukan: "Apakah Sufisme ?" melainkan: "Apa yang dapat dikatakan dan diajarkan tentang Sufisme?"

Alasan memasukkannya di dalam cara ini adalah, bahwa lebih penting mengetahui keadaan si penanya dan mengatakan kepadanya, apa yang bermanfaat baginya, daripada sesuatu yang lain. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Berbicaralah kepada setiap orang sesuai dengan permahamannya." ( )

Anda dapat membahayakan penanya dengan memberinya informasi faktual tentang Sufisme, jika kapasitas pengertiannya dilatih secara tidak sempurna atau salah.

Ini merupakan sebuah contoh. Pertanyaan yang baru saja dicatat ditanyakan. Anda menjawab, "Sufisme adalah pengembangan diri." Penanya akan mengasumsikan bahwa pengembangan diri bermakna seperti apa yang ia artikan. ( )

Sekali lagi, jika Anda berkata benar, "Sufisme adalah kekayaan yang tidak terhingga." Orang yang tamak atau bodoh akan mendambakannya karena makna yang mereka letakkan pada kata kekayaan.

Tetapi jangan tertipu dengan berpikir bahwa jika Anda meletakkannya ke dalam bentuk religius atau filosofis, manusia religius atau filosofis tidak akan membuat ketamakan serupa, salah mengartikan, sebagaimana dia pikir, maksud Anda. (Baca Juga: Jalan Sufi: Reportase Dunia Ma'rifat)
Karya Idris ibnu Asyraf dinukil dari Idries Shah dalam The Way of the Sufi dan telah diterjemahkan Joko S. Kahhar dan Ita Masyitha dengan judul " Jalan Sufi: Reportase Dunia Ma'rifat " .
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)