Syarat Diterimanya Amal yang Harus Diketahui Muslimah

loading...
Syarat Diterimanya Amal yang Harus Diketahui Muslimah
Semua amalan yang tidak memenuhi syarat tauhid, tidak diterima dan tidak dibalas, malah menjadi debu yang sia-sia. Hanya Allah yang berhak menetapkan balasan amal hambaNya. Foto ilustrasi/ist
Wahai muslimah, berbakti pada suami atau kepada orang tua adalah termasuk amalan yang paling utama . Karena itulah amal dengan sebaik-baik akhlak . Allah Ta'ala bahkan menyuruh perempuan mukmin beribadat dan beramal saleh dan melarang beribadat selain-Nya dan juga melarang berbuat kemaksiatan.

(Baca juga: Ingin Hidup Nikmat? Rutinlah Baca Shalawat Munjiyat Ini )

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا



“Dan barangsiapa mengerjakan amal kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan (sedang dia itu mukmin), maka mereka itu akan masuk surga dan mereka tidak dizhalimi sedikitpun” (QS. An-Nisa : 124).

Perhatikan ada syarat bahwa “dia itu mukmin”. Muslimah juga harus tahu bahwa Allah Ta'ala yang memberi balasan kepada perbuatan manusia, termasuk perempuan. Allah menentukan penerimaan dan penolakan amal hamba-Nya.

(Baca juga : Ingin Didoakan Para Malaikat? Inilah Jenis Manusia yang Mendapatkannya )

Untuk itu, Allah menentukan syarat-syaratnya diterima amal saleh manusia, dan Allah juga yang berhak menolak amalan manusia jika tidak memenuhi syarat yang ditetapkan Allah. Hanya Allah yang berhak menetapkan syarat-syarat itu.

Allah nyatakan dalam Al-Qur'an dan RasulNya juga menjelaskannya. Syarat diterima amal saleh ada tiga, yakni:.
1. Iman dan tauhid.
2. Ikhlas
3. Mutabbah ( mengikut tatacara Nabi shallahuali wa sallam)
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَنۡ يُّؤَخِّرَ اللّٰهُ نَفۡسًا اِذَا جَآءَ اَجَلُهَا‌ؕ وَاللّٰهُ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ
Dan Allah tidak akan menunda kematian seseorang apabila waktunya telah datang. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Munafiqun:11)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video